Estuari Teluk Bintuni Bagi Berbagai Jenis Ikan
beritapapua.id - Estuari Teluk Bintuni Bagi Berbagai Jenis Ikan - pospapua.com

Estuari Teluk Bintuni Bagi Berbagai Jenis Ikan – Lingkungan yang mendukung cenderung mampu membangun ekosistem yang unik. Salah satunya adalah komunitas mangrove Teluk Bintuni di sekitaran perairan estuari Teluk Bintuni dan teluk yang menunjang keberagaman jenis ikan yang ada di kawasan tersebut. Estuari adalah ekosistem pesisir semi tertutup, sebagai daerah peralihan antara air tawar yang berasal dari sungai dengan air asin dari laut. Wilayah perairan estuari bersifat sangat subur dan produktif dikarenakan kandungan nutrien yang tinggi dari laut dan sungai. Kegiatan manusia di sekitar perairan estuari akan mempengaruhi dinamika ekosistem estuari.

Baca Juga: Anu Beta Tubat Nasihat dari Masyarakat Maybrat

Mangrove Sebagai Bagian Besar dalam Keterlanjutan Perikanan Teluk Bintuni

Perairan dengan komunitas mangrove merupakan habitat tropis dan subtropis yang produktif dan memiliki andil besar dalam keberlanjutan perikanan. Untuk mendukung hal ini perlu dilakukan beberapa hal dalam pengumpulan data dan informasi mengenai iktiodiversitas di Teluk Bintuni. Iktiologi (Bahasa Inggris: ichthyology, Bahasa Yunani: ichthyon = “ikan” dan logos = “lambang, pengetahuan”) adalah cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) ikan. Iktiologi dipelajari di bidang biologi untuk aspek pengetahuan dan perikanan bagi terapannya, khususnya dalam bidang budidaya dan patologinya. Penelitian kekayaan spesies ikan yang pernah dilakukan di Teluk Bintuni masih tergolong parsial dan dilakukan di beberapa lokasi tertentu. Penelitian ini bertujuan mengumpulkan dan mengidentifikasi ikan penghuni Teluk Bintuni sebagai kekayaan hayati yang perlu dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat tanpa mengganggu kelestariannya.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan keragaman iktiodiversitas di peraian Teluk Bintuni tergolong besar dengan ditemukannya 106 spesies. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kompleksitas jaring makanan ikan di Teluk Bintuni. Memperkuat hipotesis bahwa perairan ini merupakan lumbung makanan bagi banyak spesiesĀ  ikan yangĀ  memanfaatkan perairan Teluk Bintuni. Ikan-ikan tersebut bervegetasi mangrove sebagai daerah asuhan, daerah mencari makan dan berlindung. Berdasarkan jenis ikan yang tertangkap, dapat dikemukakan bahwa komunitas ikan menempati semua relung habitat atau kolom perairan Teluk Bintuni yang tersedia, mulai dari daerah pelagis, bento pelagis, dan dasar perairan. Fakta ini memberikan gambaran bahwa kualitas perairan Teluk Bintuni masih baik dan mampu mendukung kehidupan beragam jenis ikan.

Siklus hidup dari sebagian besar komunitas ikan di Teluk Bintuni dihabiskan di kawasan ini. Banyak studi membuktikan bahwa kekayaan spesies ikan di perairan pantai, estuari, teluk, dan laut sangat dipengaruhi oleh keberadaan ekosistem mangrove.