Festival Danau Sentani Sebagai Perayaan Seni Tahunan
Festival Danau Sentani Sebagai Perayaan Seni Tahunan

Festival Danau Sentani Sebagai Perayaan Seni Tahunan – Papua terkenal dengan ragam budaya dan pesta rakyat yang selalu memanfaatkan apa yang ditawarkan oleh alam. Alam selalu terlibat dalam kehidupan dan keseharian mereka untuk mengungkapkan serta sebagai sebuah wadah perasaan seperti rasa bahagia, duka dan dilaksanakan secara bersama. Sebuah identitas yang telah terjaga secara turun-temurun.

Festival, dari bahasa Latin berasal dari kata dasar “festa” atau pesta dalam bahasa Indonesia. Festival biasanya berarti “pesta besar” atau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Bisa diartikan dengan hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting atau bersejarah, atau pesta rakyat. festival di Indonesia biasanya merupakan ‘pernyataan secara modern’ terhadap adat istiadat atau  warisan turun temurun yang dikemas sedemikian hingga untuk sebuah tujuan.

Baca Juga: Inspirasi Rumah Adat Papua yang Terjaga

Festival Adat di Papua

Salah satu festival yang telah berhasil dilakukan secara tahunan adalah Festival Danau Sentani. Festival ini adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Festival ini sudah diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama. FDS ini banyak diikuti oleh turis Belanda maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu. misalnya tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Karnaval Festival Danau Sentani diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah. Festival ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalime yang sangat kental terjalin di antara sesama, mengingat di Papua terdiri dari ratusan suku-suku kecil yang terkadang gampang bentrok. Salah satu keunikan dari Festival Danau Sentani adalah adanya pertunjukan seni Tarian Isosolo yang merupakan tarian di atas perahu. Tarian tersebut melambangkan suka cita.

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara di antaranya adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tour wisata. Festival Danau Sentani secara konsisten menampikan keunikan seni, musik, tarian, kerajinan tangan, hingga lomba tradisional dari berbagai suku di Kabupaten Jayapura dengan tujuan agar kearifan lokal dan nilai leluhur yang telah ada sejak lama dilestarikan kepada generasi penerus Kabupaten Jayapura.