Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id - Film Papua tentang Keindahan Alamnya - Seva

Film Papua tentang Keindahan Alamnya – Daerah Timur Indonesia, tepatnya di Tanah Papua mempunyai pemandangan dengan daya pikat yang menyimpan nilai eksotisme tinggi. Mungkin inilah yang melatar belakangi banyak sineas menjadikan Tanah Papua sebagai salah satu daerah yang sering diangkat ke layar lebar. Bagaimana tidak Papua memiliki banyak tempat yang bisa membuat suasana latar film yang memukau. Mulai dari gunung, bukit, padang rumput, sampai laut semuanya ada dan cocok dijadiin latar film Papua yang apik. Berikut beberapa film Papua keren yang berlatarkan keindahan tanah dan alamnya.

Baca Juga: Masyarakat Adat Suku Moi Mempertahankan Pangan Lokal

  1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id – Denias, Senandung di Atas Awan – asiapacificscreenawards

Film ini menjadi perintis lahirnya film-film yang memperkenalkan daerah Indonesia Timur, khususnya Papua. Film berdasarkan kisah nyata ini, menyajikan keindahan Pulau Papua dan keramahan masyarakatnya. Lokasi perkampungan film ini mengambil latar kawasan Pegunungan Wamena. Rumah-rumah yang dipakai untuk syuting merupakan rumah asli masyarakat setempat. Karena cerita dan visualnya yang memanjakan mata, film garapan John de Rantau ini sempat masuk seleksi Academy Award 2008.

  1. Di Timur Matahari (2012)

Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id – Di Timur Matahari – Youtube

Film ini bercerita tentang pedalaman Papua yang mengangkat tema pendidikan. Di Timur Matahari bercerita tentang sekolah di sebuah pedalaman Papua yang sangat membutuhkan guru. Digarap dengan apik dan menarik oleh Ari Sihasale, film ini juga menampilkan pemandangan Papua yang Memukau. Mengambil lokasi syuting di daerah di Tiom Kabupaten LanyJaya, film ini punya nilai tambah tersendiri. Meski berlatar di salah satu daerah terpencil di pedalaman Papua, film ini menampilkan pemandangan yang terlalu indah untuk dilupakan.

  1. Cinta dari Wamena (2013)

Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id – Cinta dari Wamena – odhaberhaksehat

Film ini berkisah tentang persahabatan tiga anak Papua, yang memilih jalan hidup masing-masing. Berawal dari impian untuk bisa bersekolah gratis di Wamena, ketiga sahabat ini dihadapkan pada gaya hidup bebas dan AIDS yang sedang mewabah. Film ini berhasil menggambarkan realita sosial Papua yang memang perlu mendapat perhatian pemerintah. Selain dibintangi oleh artis asal Papua, aktor papan atas Indonesia, Nicholas Saputra juga turut ambil bagian dalam film ini.

  1. Lost in Papua (2011)

Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id – Lost in Papua – indonesianfilmcenter

Film yang mengambil latar di beberapa wilayah Papua Selatan ini menceritakan tentang Rangga dan timnya yang sedang cari titik penambangan baru di tanah Papua. Film ini disutradarai oleh Irham Acho Bahtiar mengambil lokasi syuting di beberapa wilayah Merauke, seperti Pantai lampu Satu, Jembatan Tujuh Wali-Wali, Tugu LB Moerdani, dan suasana Kota Merauke. Tentunya film ini menggambarkan kota Merauke yang tidak kalah indah dengan lokasi-lokasi di luar negeri.

  1. Tanah Mama (2015)

Film Papua tentang Keindahan Alamnya
beritapapua.id – Tanah Mama – KO’SAPA

Merekam kehidupan mama Halosina, seorang ibu di Papua yang hidup di perkampungan ladang di lembah pedalaman Yahukimo, pinggiran kota Wamena. Bercerita mengenai perjuangannya dalam menghidupi diri dan empat anaknya setelah suaminya kawin lagi di tengah himpitan kelaparan anak-anaknya. Film ini mengangkat permasalah di Papua yang terkenal dengan tanah subur dan sumber mineral melimpah, namun ironisnya masih banyak masyarakatnya hidup dalam kemiskinan serta minimnya pelayanan kesahatan dan pendidikan.

  1. Epen Cupen (2015)

Salt of the Earth
beritapapua.id – Epen Cupen

Berlatar belakang kehidupan Papua, film ini diangkat dari koleksi cerita humor yang sebelumnya dikenal di YouTube dengan judul yang sama. Humor segar khas Papua benar-benar bisa dirasakan lewat film ini. Namun, di balik humor tersebut justru menampilkan latar Papua yang eksotis. Bergenre komedi laga, film ini mengenalkan pemandangan Jayapura dan Merauke yang indah.

  1. Salt of the Earth (2014)

Salt of the Earth
beritapapua.id – Salt of the Earth – chrisreedfilm

Film dokumenter karya sineas Hollywood ini menceritakan fotografer Sebastiao Salgado yang sudah menjelajah berbagai tempat di dunia salah satunya, Papua. Berbagai lokasi di Papua ditampilkan secara apik. Kerenanya, film ini meraih penghargaan di ajang Oscar dalam kategori “Best Documentary Awards” pada 2015.