Formula E Dihentikan Untuk Sementara
beritapapua.id - Formula E Dihentikan Untuk Sementara - Irfan Adi

Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Anies Baswedan memutuskan menunda gelaran Formula E di DKI Jakarta pada 6 Juni 2020. Penundaan Formula E merupakan sebuah dampak yang berkaitan dengan wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, Khususnya Jakarta.

“Risiko yang ada terlalu besar untuk warga Jakarta, bila wisatawan yang datang dari negara memiliki virus Corona,” Kata  Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat. Dia menyebut bahwa penundaan tersebut dilakukan melalui kesepakatan dengan Formula E Operations (FEO) dan Federasi Otomatif Internasional (FIA). Yang mana penundaan ini akan diumumkan secara bersamaan.

“Alhamdulillah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu, kami di Jakarta dan Eropa bersama-sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan” ujar Gubernur DKI Jakarta. Belum ada kepastian sampai kapan penundaan tersebut akan ditentukan. Anies mengatakan bahwa waktu pelaksanaan akan dibahas nanti. Dia menegaskan saat ini yang terpenting adalah keselamatan warga Jakarta.

Baca Juga: Pelaku Pelecehan Siswi di Sulut Tidak Ditahan, Kenapa?

Surat Penundaan Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta penundaan penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E di Jakarta, Penundaan tersebut diketahui dari Surat Pemberitahuan dengan Nomor Surat 11/-1.857.74 dan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix pada 9 Maret 2020.

Surat tersebut bertuliskan “Mencermati perkembangan Covid-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar di tunda pelaksanaanya”.’

Rencananya Formula E seharusnya akan digelar di Jakarta pada 6 Juni 2020. Balap mobil listrik tersebut  direncanakan akan digelar untuk beberapa tahun kedepan hingga tahun 2024. Rute balapannya akan melintasi kawasan Monas dan Jalan Merdeka Selatan.

Lintasan balap akan sepanjang 2,6 km, dan lebar 9,5-12 m. Adapun Rutenya yaitu melalui Jl. Medan Merdeka Selatan dari arah Gambir menuju patung Arjuna Wiwaha, belok, ke kanan ke Jalan Silang Monas Barat Daya, masuk ke kawasan Monas, belok ke kiri ke sisi barat, lalu putar balik, belok kiri kesisi selatan, keluar kawasan Monas dan melalui Jl. Silang Monas Tenggara, hingga kembabli ke Jl. Medan Merdeka Selatan.