FPI Menolak Test Swab dari Polri dan TNI
Beritapapua.id - FPI Menolak Test Swab dari Polri dan TNI - Suara

FPI Menolak Test Swab dari Polri dan TNI – Front Pembela Islam (FPI) menolak kedatangan polisi dan TNI yang hendak melakukan test swab kepada Habib Rizieq Shihab.

Sebelumnya, pihak kepolisian dan TNI, lewat Babinsa TNI dan Bhabinkantibmas Polri mendatangi kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat untuk melakukan test swab kepada warga sekitar kediaman Habib Rizieq.

Polisi meminta Rizieq untuk segera melakukan tes, karena Ia baru saja bertemu orang banyak dan kabarnya Ia sedang sakit.

“Jadi begini, saya beserta 3 pilar dari kepolisian dan Koranmil dengan Satpol PP dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa baru saja mendatangi rumah beliau. Karena kan sekarang ini yang beredar kan Pak Habib nih sakit nih, maka kami ke sana,” Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono.

“Maka kami mendatangi, kami mengecek, diduga loh, ya, diduga ya bisa terpapar gitu, loh. Kemudian kami sarankan untuk dites swab. Tadi dari pihak itu ada sedikit (penolakan),” tambah Margiyono.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar menerangkan alasan penolakan tersebut. Selain karena Habib Rizieq diklaim dalam kondisi sehat, waktu untuk test tersebut pun tidak masuk akal menurutnya, karena dilakukan di tengah malam.

“Ini maksa untuk test swab, ngawur. Tengah malam maksa swab masyarakat,” ujar Aziz, Minggu (22/11).

“Kan gila, orang baik-baik aja dicari-cari kesalahannya,” tambahnya.

Baca Juga: Papua Sejarah, Kebudayaan Serta Kondisi Alam

FPI Meminta Pemerintah Tidak Perlu Repot

Aziz menyebut pemerintah tak perlu repot menyediakan fasilitas tes covid-19 untuk Habib Rizieq. FPI mengaku telah memiliki tim kesehatan tersendiri.

“Ya kan kita punya tim sendiri buat swab. Ada HILMI (Hilal Merah Indonesia), ada Mer-C, gitu kan. Kita punya tim sendiri. Nggak usah repot-repot pemerintah itu tenang saja,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan bahwa test swab adalah hak dari masyarakat dan tidak perlu ada pemaksaan. Aziz mengatakan bahwa Habib Rizieq sedang beristrirahat, sehingga tidak bisa menerima kunjungan dari pihak kepolisian dan TNI.

Ia pun menegaskan bahwa Habib Rizieq dalam kondisi yang sehat sehingga belum perlu menjalani test swab.