Freeport Janjikan Bonus Kepada Atlet Papua Yang Berlaga di PON XX
beritapapua.id - Tony Wenas Direktur Utama Presdir PT Freeport Indonesia. (foto: RAPP)

PT Freeport Indonesia menjanjikan semua atlet kontingen Papua yang berlaga di PON XX 2021 dan mendapatkan medali akan mendapatkan bonus.

Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Jayapura, Sabtu (02/10/2021) mengatakan atlet Papua yang meraih medali di PON XX akan mendapakan bonus. Terkait dengan jumlah bonus tersebut belum bisa ia sampaikan.

“Kami akan memberikan bonus kepada atlet Papua yang berhasil mendapatkan medali, baik itu medali emas, perak maupun perunggu. Berapa jumlahnya akan ditentukan kemudian,’’ ujarnya Presdir Toni Wenas.

Ia juga mengatakan pemberian bonus kepada atlet yang meraih medali akan terlaksana sebelum acara penutupan PON XX.

Wenas juga mengatakan management PT Freeport sangat bangga karena Papua bisa menjadi tuan rumah PON XX 2021 kali ini. Dan menurutnya, ini menunjukkan bahwa Papua juga bisa bersaing dalam menggelar event besar seperti PON XX.

“Kami sangat bangga Papua disamakan dengan provinsi lain di Indonesia untuk penyelenggaraan PON. Dan ini menjadi sejarah Papua menjadi tuan rumah PON XX,’’ jelasnya.

PT Freeport Indonesia Berikan Beasiswa

Selain memberikan bonus, management PT Freeport Indonesia juga memberikan beasiswa kepada atlet-atlet berprestasi dan bertalenta.

“Dari dulu Papua punya atlet-atlet potensial, dan bagaiman ke depan atlet-atlet ini ke depan terus terbina terus berperstasi kami akan berikan beasiswa dan pelatihan-pelatihan tambahan lainnya,’’ jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ikut Menanam Bibit Jagung Bersama Petani di Sorong

Wenas juga mengatakan bahwa PT Freeport setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada 1200 anak-anak Papua dalam berbagai jenjang Pendidikan. Selain itu, akan memberikan besiswa khusus buat atlte-atlet berprestasi dan yang bertalenta.

Dalam Pelaksanaan PON XX di Papua kali ini, PT Freeport menyumbangkan total dana hampir 500 miliar untuk pembangunan stadion olahraga atletik di Timika. Stadion tersebut bernama Mimika Sport Compleks (MSC) yang menghabiskan dana Rp 450 miliar. PT Freeport juga menjadi sponsor utama dengan memberikan bantuan dana tunai Rp 15 miliar.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan PON XX, kami sudah membangun pusat olahraga di Timika yang dijadikan venue untuk cabor atletik di Timika Serta kami menjadi sponsor utama setelah memberikan bantuan dana tunai kepada PB PON XX sebesar Rp 15 miliar,’’ ujarnya.