Freeport Serahkan Bantuan 4 Ton Untuk Korban Bencana Alam di Papua
beritapapua.id - Bantuan banjir yang disalurkan Freeport Indonesia. (dok. PT Freeport Indonesia)

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan 4 ton bantuan berupa bahan makanan kepada korban bencana alam yang ada di Papua.

Penyerahan bantuan ini merupakan wujud kepedulian PTFI kepada sesama yang menjadi korban bencana alam yang terjadi di wilayah Papua. Khususnya yang ada di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah dan tiga kampung di Distrik Amar, Kabupaten Mimika.

Wakil Presiden Pembangunan Berkelanjutan PT Freeport Indonesia, Nathan Kum, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Yosias Lossu, pada Rabu (12/1/2022) kemarin di kantor BPBD Mimika, Jl. Charitas SP 2, Timika.

Bantuan tersebut terdiri dari beras 2,5 ton, gula 1,25 ton, 20 jerigen, kopi 20 karton, teh 20 karton, susu kaleng 20 karton. Selain itu, terdapat juga makanan cepat saji sebanyak 150 karton, dengan total berat bantuan sekitar 4 Ton senilai Rp 120 juta rupiah.

Nathan Kum melalui siaran pers mengatakan bahwa bencana alam yang terjadi tersebut memberikan kerugian dan duka yang besar bagi masyarakat. Untuk itu, dalam meringankan dan wujud kepedulian PT Freeport Indonesia akhirnya menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat.

Bekerjasama Dengan Pemerintah Daerah Salurkan Bantuan

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerjasama bersama Pemerintah Daerah (BPBD) Mimika dalam menyalurkan bantuan tersebut.

Nathan Kum menambahkan, PT Freeport Indonesia selalu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal pendistribusian bantuan kemanusiaan. PT Freeport Indonesia juga tidak jalan sendiri dan selalu tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Mimika, keluarga besar PT Freeport Indonesia menyampaikan simpati yang mendalam kepada masyarakat di Distrik Amar dan Atuka atas musibah yang terjadi.

Baca Juga: Kerugian Akibat Banjir di Papua Mencapai Rp50 Miliar

“Bantuan yang diberikan kepada masyarakat ini diharapkan dapat meringankan beban mereka,” ungkap Nathan Kum.

Sementara itu, Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu juga mengapresiasi atas dukungan dari pihak PT Freeport Indonesia. Karena menurutnya bantuan dari PTFI sangat dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana.

“Sebagai perwakilan pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia yang telah membantu kita dalam mengumpulkan bantuan bahan makanan untuk masyarakat Amar dan Atuka, kiranya Tuhan memberkati perusahaan Freeport,” ungkap Yosias.