Gajah Hamil Mati karena Makan Nanas berisi Petasan
beritapapua.id - Gajah Hamil Mati karena Makan Nanas berisi Petasan - Detak.co

Gajah Hamil Mati karena Makan Nanas berisi Petasan РGajah liar asal negara bagian Kerala, di India selatan, sempat heboh diberitakan saat dilaporkan tewas setelah memakan nanas yang ternyata berisi petasan. Diketahui bahwa gajah berusia 15 tahun itu, sempat kesakitan saat berjalan mengelilingi desa selama berhari-hari usai memakan nanas itu. Dan dari hasil otopsi yang dilakukan oleh pejabat kehutanan, ditemukan ada luka besar di mulutnya akibat dari ledakan. Dengan mulut dan lidahnya hancur dalam ledakan gajah tersebut hanya bisa  mondar-mandir lapar tanpa bisa makan.

Kepala Menteri Kerala Pinarayi Vijayan lebih lanjut menyatakan bahwa tiga tersangka telah diidentifikasi. Selanjutnya, kasus tersebut akan diselidiki bersama oleh polisi dan departemen kehutanan negara. Mereka akan menyelidiki dan menangkap pelakunya, hingga akhirnya para pelaku dapat menghadapi dakwaan kekejaman terhadap hewan yang dapat membawa denda atau hukuman penjara.

Kematian gajah itu menjadi perhatian India setelah seorang petugas kehutanan, Mohan Krishnan, yang menyaksikan kematian gajah itu menulis dalam sebuah posting Facebook, yang menerima hampir 10.000 reaksi atau komentar menunjukan foto-foto gajah pachyderm yang berdiri di sungai sambil mencelupkan mulutnya dan belalainya di dalam air beberapa jam sebelum meninggal. Nampak tubuh induk gajah yang tengah hamil tersebut kurus dan hampir tidak seperti layaknya gajah yang bertubuh besar. Sampai akhirnya, gajah tersebut tewas di tengah genangan air dengan posisi masih berdiri di dalam air.

Baca Juga: 1065 Orang Positif Corona, 120 Adalah Orang Asli Papua

Nanas Berisi Bahan Peledak Sebagai Pelindung Ladang

Diketahui bahwa penduduk Sri Lanka biasanya sering menggunakan petasan atau nanas berisi bahan peledak untuk melindungi ladang dan rumah mereka dari hewan liar. Namun, hal ini nampaknya tidak tercermin dari perilaku warga desa di Taman Nasional Sillent Valley, India.

Peristiwa tersebut lantas mendapatkan banyak tanggapan dari berbagai pihak yang menyayangkan tindakan tidak beradab tersebut. Sebab ternyata peristiwa seperti ini bukanlah kasus pertama yang ditemukan oleh pihak yang berwajib. Pada bulan April yang lalu, seekor gajah juga diketahui tewas dengan luka parah pada rahangnya hingga tidak dapat makan.

Departemen kehutanan dan polisi yang menyelidiki insiden ini. Akhirnya mereka menangkap dua orang yang terlibat dalam kasus seekor gajah hamil yang mati setelah makan buah berisi peledak.

Menurut data dari pemerintah India pada periode tahun 2014 dan 2019 sekitar 2.361 orang tewas akibat serangan gajah. Pada periode yang sama, sekitar 510 gajah mengalami kematian, termasuk 333 dari sengatan listrik dan 100 lainnya dari perburuan dan keracunan.