Gambar Jembatan Youtefa Jayapura diabadikan pada Uang Rp75.000
beritapapua.id - Gambar Jembatan Youtefa Jayapura diabadikan pada Uang Rp75.000 - wartaplus

Gambar Jembatan Youtefa Jayapura diabadikan pada Uang Rp75.000  – Bertepatan dengan HUT ke-75 RI, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang pecahan Rp75.000. Ini merupakan sebuah capaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia merdeka. Dalam uang tersebut terdapat gambar Jembatan Youtefa Kota Jayapura yang merupakan kebanggaan bagi masyarakat Papua. Yang merupakan simbolis pencapaian pembangunan infrastruktur Indonesia, secara khusus Jembatan Youtefa yang merupakan lambang konektifitas bagi masyarakat. Jembatan ini juga adalah lambang kemegahan Papua, yang merupakan landmark Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano merasa bangga Jembatan Youtefa ada pada pecahan Rp75.000. Berdasarkan Kompas.com, Benhur mengampaikan bahwa hal tersebut menjadi suatu apresiasi khusus bagi Papua. Sebab dari sekian banyak pembangunan megah Indonesia, tapi pilihannya pada Papua. Berarti Papua melekat dalam hati Bapak Presiden. Lebih lanjut ia berhadap agar masyarakat Papua dapat meningkatkan rasa nasionalismenya dan menghargai setiap proses pembangunan yang tengah berlangsung.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menanggapi hal tersebut sebagai bentuk perhatian khusus pemerintah terhadap Papua. Karenanya ia mengajak seluruh warga Papua untuk ikut berperan aktif dalam setiap proses pembangunan, baik dari sisi konstruksi maupun sumber daya manusia. Di Papua uang pecahan Rp75.000 akan bedar sebanyak 1,1 juta lembar. Sedangkan, keseluruhan ada total 75 juta lembar uang Rp75.000 untuk seluruh Indonesia.

Baca Juga: Test Corona Super Cepat, Hanya 1 Detik

Proses Pembangunan Jembatan Youtefa

Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Youtefa pada 28 Oktober 2019. Total pembangunan mengeluarkan biaya mencapai Rp 1,8 triliun. PT. Pembangunan Perumahan Tbk, PT. Hutama Karya (persero), dan PT. Nindya Karya (persero) melakukan pembangunan ini pada 9 Mei 2015.

Jembatan Youtefa atau Jembatan Holtekamp Kota Jayapura, Provinsi Papua adalah penghubung Holtekamp dengan Hamadi. Karena itu, jarak tempuh Kota Jayapura, Muara Tami dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dapat menjadi lebih singkat. Jembatan sepanjang 732 meter dengan lebar 21 meter ini dibangun di atas Teluk Youtefa. Material jembatan ini berupa tipe Pelengkung Baja.

Sebelum adanya jembatan ini perjalanan menuju Muara Tami menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun dengan adanya Jembatan Youtefa, maka jaraknya menjadi sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Selain itu Jembatan Youtefa juga memiliki manfaat sebagai solusi pemecahan kepadatan penduduk Kota Jayapura.

Selain beragam manfaatnya, Jembatan ikonik ini juga telah mendapatkan dua rekor MURI. Yakni yang pertama rekor pembangunan jembatan pertama dengan plengkung dibuat utuh di tempat lain lalu dibawa ke lokasi. Rekor kedua adalah rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.