Garuda Buka Rute Penerbangan Makassar-Manokwari-Sorong
Beritapapua.id - Garuda Buka Rute Penerbangan Makassar-Manokwari-Sorong - CNN

Garuda Buka Rute Penerbangan Makassar-Manokwari-Sorong – Garuda mengambil langkah baru dengan menambahkan rute penerbangan domestik. PT. Garuda Indonesia membuka rute penerbangan, Makassar-Manokwari-Sorong. Keputusan ini merupakan langkah demi terjalinnya konektivitas wilayah Nusantara.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, mengungkapkan hal tersebut. Papua terkenal dengan alamnya yang indah nan asri. Selain membangun jaringan ke Indonesia bagian timur, Irfan juga menyebut rute baru ini mampu sekaligus mendongkrak ekonomi Papua.

“Pengoperasian rute baru ini juga diharapkan mampu semakin memperluas jaringan konektivitas antar wilayah Papua sehingga dapat mendukung pergerakan perekonomian daerah yang kedepannya diharapkan dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Irfan dalam keterangan tertulis, Rabu (9/12/2020).

Rute ini mulai beroperasional tanggal 9 Desember 2020. Penerbangan dengan rute Makassar-Manokwari-Sorong akan berjalan 2 kali dalam seminggu. Irfan menyebut bahwa jadwal penerbangan akan dilakukan setiap hari Selasa dan Minggu menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

Tentunya, fasilitas baru Garuda ini memerhatikan protokol kesehatan. Irfan mengatakan bahwa protokol kesehatan akan secara konsisten teraplikasikan pada touch point layanan penerbangan.

Ia menambahkan bahwa kenyamanan dan keselamatan menjadi prioritas. Ia menyebut bahwa maskapai plat merah ini akan mampu membangun sinergi antara stakeholder kepariwisataan dan pemerintah.

“Khususnya bersama pemerintah daerah melalui kesiapan infrastruktur protokol kesehatan di destinasi tujuan,” kata Irfan.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, menyambut baik keputusan ini. Pasalnya, keputusan tersebut sejalan dengan visi pemerintahan Papua Barat, yakni mengembangkan potensi pariwisata untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Rencana Hubungan Diplomatik Indonesia Dengan Israel

Selain Rute Papua Barat, Garuda Juga Buka 3 Rute Baru Lainnya

PT Garuda Indonesia Tbk juga membuka rute domestik lainnya. Selain Makassar-Manokwari-Sorong, ada 3 rute baru yang akan beroperasi Desember 2020 ini. Rute tersebut adalah Surabaya – Labuan Bajo (PP), Surabaya – Batam – Medan (PP), dan Solo – Denpasar (PP).

Irfan kembali menyebut bahwa keputusan ini merupakan langkah meningkatkan potensi dan memperluas pasar penerbangan domestik, khususnya daerah wisata.

“Diluncurkannya 3 rute baru ini juga menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam upaya mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional  dengan mendorong geliat pariwisata nasional melalui penyediaan aksesibilitas penerbangan langsung antar kota ke destinasi wisata unggulan dengan layanan transportasi udara yang aman dan nyaman bersama Garuda Indonesia,” ujar Irfan dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Kompas, Kamis (5/11/2020).

Seluruh penerbangan akan beroperasi 2 kali seminggu. Layanan penerbangan Surabaya-Labuan Bajo (PP) beroperasi Senin dan Jumat. Untuk rute Solo-Denpasar (PP) berangkat tiap hari Jumat dan Minggu. Sedangkan untuk Surabaya-Batam-Medan (PP) beroperasi hari Kamis dan Sabtu.

Seluruh penerbangan akan mulai aktif pada tanggal 6 Desember. Kecuali untuk rute Surabaya-Batam-Medan yang mulai pada 7 Desember. Dua dari rute tersebut, yakni Solo-Denpasar (PP) dan Surabaya-Batam-Medan (PP) menggunakan Boeing B737-800 NG. Sedangkan untuk rute Surabaya-Labuan Bajo (PP) menggunakan armada Bombardier CRJ-1000 Next Generation.