Gedung di Belakang Kantor KP3 Udara Sentani Papua Dibakar OTK
beritapapua.id - Tampak depan kantor Polsek Kawasan Bandara Sentani. (foto: istimewa)

Sebagian bangunan kantor Polsek KP3 Udara Sentani di Jalan Bandara Sentani, Jayapura Utara, Sentani Kota, Papua hangus terbakar. Kebakaran terjadi akibat gedung di belakangnya dibakar oleh sekelompok orang tak dikenal pada, Senin malam (6/9/2021).

Ruangan Polsek KP3 Udara Sentani yang terbakar di antaranya atap ruangan kapolsek dan kanit Sabhara.

Kapolsek KP3 Udara Sentani, Iptu Ihaka MAx Moliana mengatakan bahwa salah satu penyebab sebagian bangunan kantor Polsek KP3 Udara Sentani bisa ikut terbakar lantaran tembok berdekatan dengan lokasi terjadi pembakaran.

“Karena tembok atau dindingnya berdekatan makanya api merembet ke bangunan kantor Polsek. Tapi yang terbakar hanya sebagian saja itu pun di bagian atapnya,” kata Kapolsek KP3 Udara Sentani Iptu Ihaka Max Moliana, Sleasa (7/9/2021).

Sebelumnya gedung di belakang Kantor KP3 Udara Sentani Papua dibakar orang tak dikenal, Senin malam (6/9/2021) sekitar pukul 00.40 WIT.

Gedung di belakang KP3 Udara Sentani tersebut dulunya merupakan gedung area penerbangan pesawat komersial namun sekarang beralih fungsi menjadi kantin dan tempat PCR.

Satu unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Jayapura, harus turun ke lokasi pembakaran dan penyerangan, untuk memadamkan kobaran api. Namun besarnya api membuat air tidak mencukupi untuk memadamkan kebakaran. Akhirnya Mobil Water Canon Polres Jayapura juga ikut membantu dalam memadamkan kebakaran tersebut.

Baca Juga: OPM Tegaskan Operasi Militer Tidak Akan Menghentikan Tindakan Mereka

Upaya pemadama kobaran api belum tuntas, tiba-tiba pada pukul 24.40 WIT, api semakin membesar sehingga dengan cepat merambat ke 12 Ruko, dan Polsek KP3 Udara Sentani.

Pemadaman api juga dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran milik PK Bandara Sentani, tetapi api masih terus berkobar. Kobaran api baru bisa padam pada pukul 03.00 WIT.

Masih Dalam Tahap Proses Penyelidikan

Hingga kini Polres Jayapura masih menyelidiki kasus pembakaran gedung bekas area penerbangan pesawat tersebut. Kapolsek juga belum bisa memberikan keterangan berapa kerugian dari akibat pembakaran tersebut.

Terkait dengan pelayanan Polsek KP3 Bandara Sentani, akan tetap melayani masyarakat secara normal.

Untuk sementara Kantor Polsek KP3 Bandara Sentani akan menumpang di salah bangunan yang ada di sekitar kawasan bandara. Hal ini agar pelayanan kepada masyarakat tetap bisa berlangsung normal.