Gelar Pahlawan Nasional Bagi Machmud Singgirei Rumagesan
Beritapapua.id - Gelar Pahlawan Nasional Bagi Machmud Singgirei Rumagesan - Detik

Gelar Pahlawan Nasional Bagi Machmud Singgirei Rumagesan –┬áPemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh asal Papua Barat Machmud Singgirei Rumagesan atas jasanya dalam tonggak sejarah bangsa. Machmud Singgirei Rumagesan akan menjadi tokoh asal Papua Barat pertama yang menyandang gelar pahlawan nasional.

Rumagesan berjasa dalam mengusir pemerintah kolonial Belanda di tanah kelahirannya. Hal itu berwalah saat perusahaan Belanda Maatschapijj Colijn mempekerjakan buruh dengan sewenang-wenang di Papua Barat. Kemudian Ia mengajukan syarat terhadap pemerintahan kolonial Belanda, yang akhirnya memunculkan konflik antara Rumagesan dengan pemerintahan Belanda.

Rumagesan kemudian diasingkan ke Saparua dan dijatuhi hukuman selama 15 tahun penjara. Namun perjuangannya tak berhenti sampai disitu, Ia terus menyebarluaskan semangat nasionalismenya kepada para tahanan di berbagai penjara tempat ia ditahan. Rumagesan bahkan sampai beberapa kali mendekam dalam penjara di Saparua, Sorong-Doom, Manokwari, Jayapura serta Makasar.

Pada 1953, Rumagesan mendirikan sebuah organisasi pembebasan Irian Barat di Makasar atau Tjendrawasih Revolutionary Movement of West Irian (GTRIB). Yang mana Rumagesan juga menyerukan Irian Barat harus kembali ke Indonesia. Serta menentang Belanda yang masih menjajah Tanah Papua pasca-kemerdekaan Indonesia. Semasa hidupnya, Rumagesan selalu berjuan agar Papua Barat bebas dari penjajahan Belanda, sampai dengan saat kematiannya pada 5 Juli 1964.

Baca Juga: Rizieq Punya Dokumen Perjanjian Dengan BIN

Gubernur Papua Barat Bangga Raja Rumagesan Menjadi Pahlawan Nasional

Gelar Pahlawan Nasional Bagi Machmud Singgirei Rumagesan
Beritapapua.id – Gelar Pahlawan Nasional Bagi Machmud Singgirei Rumagesan – IJN News

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyambut baik masuknya Raja Machmud Singgirei Rumagesan kedalam daftar pahlawan nasional. Menurutnya Rumagesan memiliki peran besar dalam melawan penjajah. Sehingga gerakan dan jerih payah yang dilakukannya patut mendapat penghargaan dari negara. Gubernur Mandacan pun mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah pusat atas penganugerahan gelar pahlawan tersebut.

“Kita patut berbangga Papua Barat punya tokoh besar dan hari ini pak Presiden akan menganugerahkan gelar sebagai pahlawan nasional. Ini juga harus menjadi teladan bagi kita, dulu pahlawan berjuang rela mati mengusir penjajah. Sekarang sudah merdeka mari kita isi dengan pembangunan,” ucap Gubernur usai mengikuti upacara hari pahlawan.

Sementara itu, Ketua DPRD Fakfak Siti Rahma Hegemur mengatakan bahwa Machmud Singgirei Rumagesan seorang raja yang cukup berpengaruh kala itu. Siti berharap, nama besar Rumagesan bisa diabadikan terutama di Fakfak. Sehingga para pemuda pun bisa meneladani nilai-nilai kepahlawanannya.

“Tentu kami bangga, Alhamdulillah. Orang tua kami bisa masuk dalam daftar pahlawan nasional. Keluarganya masih ada, hari ini cucunya berangkat ke Jakarta mewakili keluarga untuk menerima penghargaan dari bapak Presiden di Istana Negara,” katanya.