Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,5 Mengguncang Jayapura
beritapapua.id - Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Shutterstock)

Kamis (20/1/2022) terjadi Gempa berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Jayapura, Papua. Mengutip dari Twitter BMKG, gempa terjadi pada pukul 17:44:11 WIB. Pusat gempa terletak di 69 km barat laut Jayapura, di kedalaman 10 km.

BMKG menyatakan gempa di Jayapura tidak berpotensi tsunami, belum ada informasi lebih lanjut mengenai dampak gempa. BMKG mengimbau warga supaya tetap waspada terhadap gempa susulan.

Baca Juga: Bupati Jayawijaya Resmi Serahkan DPA Tahun Anggaran 2022 ke OPD

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” imbau BMKG.

Berikut tindakan yang perlu Anda lakukan saat terjadi gempa:

  1. Di dalam rumah
    Berlindung di bawah meja adalah tempat terbaik untuk melindungi diri dari benda-benda yang berjatuhan akibat gempa. Setelah itu, lindungi kepala dengan benda empuk. Misalnya bantal, helm, papan, atau yang paling praktis kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.
  2. Di luar ruangan
    Jika pada saat gempa terjadi kamu sedang berada di luar ruangan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah bergerak menjauhi gedung dan tiang lantas menuju daerah terbuka.
  3. Di gunung atau dataran tinggi
    Jika gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, bergeraklah menuju daerah lapang untuk berlindung. Hindari daerah dekat lereng karena ada kemungkinan akan menimbulkan longsor dan mengancam keselamatan jiwa.
  4. Di laut
    Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.
  5. Di dalam kendaraan
    Bagi yang sedang melakukan perjalanan saat terjadi gempa, berpeganglah erat agar tak terjatuh.