GMKI Menggelar Event KONAS di Papua, Pemprov Sambut Baik
beritapapua.id - Ketua Umum Panitia Konsultasi Nasional (KONAS) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Tahun 2022, di Papua, Benyamin Arisoy, SE, M.Si. Richard (PP). (Foto: Istimewa)

Pengurus Pusat (PP) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar event Konsultasi Nasional (KONAS) 2022 di Papua. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Papua ikut menyambut baik penyelenggaraan event tersebut.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Papua, Cyfrianus Yustus Mambay mengatakan bahwa KONAS Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia akan berlangsung di GMKI Cabang Jayapura.

“Pemerintah Provinsi Papua telah menyelengarakan dua event nasional yang sangat sukses, yaitu PON 20 dan Peparnas. Di 2022 melalui Pengurus Pusat GMKI telah menetapkan GMKI Cabang Jayapura sebagai tuan rumah KONAS GMKI. Dan kurang leih akan hadir di Papua, di Jayapura kurang lebih 600 orang dari seluluh cabang di Indonesia,” kata Cyfrianus Mambay.

Ia menegaskan, hari ini di Papua begitu banyak isu-isu strategis, mulai dari isu-isu yang baik, sampai juga isu-siu yang miring, dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab terhadap Papua.

“Pemerintah Provinsi Papua menyambut baik event KONAS yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat GMKI di Tanah Papua. Dan Pemerintah juga berharap bahwa KONAS ini tidak habis saat acara momen penting itu,” ujarnya.

Dapat Mengakomodir Isu-isu di Papua

Ia mengungkapkan Pemerintah Provinsi Papua sangat berharap bahwa KONAS harus mampu mengakomodir seluruh isu-isu permasalahan yang ada di Papua. Dengan begitu dapat membantu pemerintah dalam memberikan informasi-informasi eskalasi yang sedang terjadi di Papua ini. Kemudian bisa terabdate ke permukukaan, dan kemudian bisa terdengar sampai ke istana.

“Saya berpesan sebelum KONAS Pengurus Pusat GMKI dan Panitia KONAS GMKI 2022 bisa beraudensi dengan pemprov, bisa bertemu dan audensi dengan gubernur. Sehigga apa yang menjadi harapan Pemerintah Provinsi Papua bisa disampaikan, dan kemudian bisa untuk dibahas dalam KONAS. Yang kemudian disuarakan dan didengar oleh istana,” tutur Staf Ahli Gubernur itu.

Baca Juga: Persitoli Tolikara Berhasil Melaju ke Final Setelah Menang Atas Arema Putri

Apa yang menjadi keinginan Pemerintah Provinsi Papua itu, menjadi harapan kita sehingga KONAS harus menjadi momen strategis, momen yang penting. Jangan kita membiarkan KONAS itu berlalu seperti itu dan tidak bermanfaat. Tetapi kalau bisa KONAS itu kemudian memberikan dampak, memberikan gaung-gaung yang besar bagi kemajuan Papua.

“Panitia dan Pengurus Pusat GMKI, harus memberikan waktu untuk konsultasi, berkordinasi dengan Gubernur Papua, sehingga ada pesan-pesan yang perlu untuk dibahas di KONAS, kemudian itu teradate dan terupload. Dan Pengurus Pusat GMKI bisa menjadi corong untuk meyampaikan kepada Pemerintah Indonesia, istana bisa mendegar,” ucap Cyfrianus Mambay.