GOR STT GIDI, Venue Megah PON XX Papua
GOR STT GIDI, Venue Megah PON XX Papua

Gedung Olahraga (GOR) Sekolah Tinggi Teologi Gereja Injili Di Indonesia (STT GIDI) Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi arena bertarung atlet Muaythai dan Kempo pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Venue ini memiliki keunikan tersendiri.

GOR STT GIDI Papua dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare yang merupakan kompleks milik Sinode GIDI di Tanah Papua. Pengerjaan venue bersumber dari dana APBD 2019 dengan menelan anggaran senilai Rp 93 miliar. Dan PT Nindya Karya (Persero) selaku kontraktor dalam pengerjaan GOR tersebut.

Venue ini termasuk dalam 9 venue PON XX yang telah Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, pada 23 Oktober 2020 resmikan.

Peletakan Batu Pertama Oleh Pendeta Dorman Wandikbo

Pembangunan GOR STT GIDI mulai pada Desember 2018 silam. Dan peletakan batu pertama oleh Presiden GIDI, Pendeta Dorman Wandikbo dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa.

Pendeta Dorman Wandikbo merasa gembira dengan terlaksananya prosesi peletakan batu pertama.

“Kami keluarga besar GIDI mengucapkan terima kasih. Dan kami sudah lama bergumul untuk hal seperti ini dan Tuhan pun menjawab lewat agenda PON ini. Dengan kehadiran PON Papua kami merasa ini adalah jawaban Tuhan atas tempat ini,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Pendeta Dorman mengatakan, dengan pemberian tanah milik GIDI untuk digunakan sebagai pembangunan tiga venue tersebut, sudah menjadi salah satu bukti bahwa pihaknya sangat mendukung program Gubernur Papua, Lukas Enembe dan terwujudnya perhelatan PON XX di Tanah Papua.

“Selama berjalannya tahapan pembangunan venue ini tidak ada hambatan dan masalah, karena tanah ini milik GIDI dan Gereja dan tanah ini sudah bersertifikat. Setelah PON nantinya, venue-venue ini akan dipakai untuk kemuliaan Tuhan dalam kegiatan rohani. Oleh karena itu kami persembahkan ini untuk Papua,” tuturnya.

Baca Juga : Dana Otsus Berlimpah Namun Pendidikan Tidak Gratis

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa sangat mengapresiasi apa yang sudah Presiden GIDI dan seluruh jajarannya lakukan dengan menyerahkan 2,5 hektare tanah untuk dibangun sebagai venue olahraga.

Pembangunan di wilayah gereja ini adalah bukti bahwa perjalanan PON sudah cerah untuk kedepannya. Karena batu pertama telah kita letakkan di lahan gereja GIDI,” ujar Doren.

Venue-venue Akan Kembali Dihibahkan Kepada Pihak STT GIDI

Eks Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Daud Ngabalin dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas pemberian tanah dari GIDI Papua untuk dijadikan sebagai pembangunan venue olahraga.

Ia juga menegaskan jika venue-venue tersebut nantinya akan kembali dihibahkan untuk bisa dimanfaatkan oleh pihak GIDI.

Venue STT GIDI mendapatkan respons positif dari delegasi teknik atau technical delegate cabang olahraga Muaythai, Bachri Bachtiar. Menurutnya, venue tersebut sudah sangat memenuhi standar.

Bachtiar yang belum lama ini meninjau langsung venue tersebut bahkan mengakui jika venue GOR STT GIDI Papua sangat representatif. Pihaknya pun puas dengan kemegahan venue tersebut.

“Untuk venuenya sendiri sudah sangat representatif. Dan kami puas dengan venue GOR GIDI, sejauh ini semuanya lancar dan tak ada kendala dengan venuenya. GOR GIDI Papua memang untuk cabor muaythai. Maka GOR ini salah satu yang terbaik menurut kami dan bahkan tidak ada duanya di Indonesia,” ujar Bachtiar.

“Kami berterima kasih kepada PB PON Papua, pemerintah Papua dan Pengprov Muaythai Papua yang telah menyediakan GOR GIDI untuk cabor Muaythai,” pungkasnya.