Gubernur Papua Ajak Masyarakat Untuk Ikuti Pacific Exposition 2021
beritapapua.id - Pasific Exposition 2021. (Dok. Kementerian Luar Negeri RI)

Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus menyatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe mengimbau masyarakat untuk mengikuti perhelatan Pasific Exposition 2021 akan berlangsung di Wellington. Pelaksanaan perhelatan Pasific Exposition yang akan mulai pada 27 – 30 Oktober 2021 akan berlangsung secara daring.

Rifai juga menyebut bahwa Pameran virtual ini bisa masyarakat kunjungi melalui laman internet penyelenggara Pasific Exposition 2021.

Ia menilai, Pacific Exposition 2021 merupakan ajang pameran dagang, investasi, dan ekonomi yang strategis. Hal ini bukan tanpa alasan, karena penyelenggara Pasific Exposition 2021 ini juga diikuti 20 negara kawasan Pasifik. Peserta pameran itu termasuk Indonesia, Australia, dan Selandia Baru.

Pasifici Exposition, Terobosan Bermanfaat

Menurut Rifai, Gubernur Papua menilai Pacific Exposition 2021 merupakan terobosan yang sangat bermanfaat bagi negara-negara yang ada di Kawasan Pasifik, khususnya Indonesia.

“Gubernur berharap agar even itu mampu mendongkrak perekonomian wilayah timur Indonesia ,dan mampu menjadi mesin tambahan bagi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Baca Juga: Semua Atlet PON Terpapar Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh

Rifai menyatakan Gubernur Papua mengapresiasi langkah panitia penyelenggara yang menyelenggarakan pameran itu secara daring. Menurutnya ini merupakan langkah tepat dan sesuai dengan situasi pandemi COVID-19.

Selain itu, pameran secara daring itu berpeluang menggenjot transaksi yang luar biasa besar, seperti yang panitia telah targetkan.

“Melalui gelaran ini, Papua ingin menunjukkan hasil bumi yang dipadukan dengan kreativitas orang asli Papua. (Kita akan menunjukkan bahwa orang asli Papua) dapat bersaing dan memiliki kualitas yang unggul serta berdaya guna,” katanya.

Selain bisa menggenjot perekonomian, Pasific Exposition 2021 juga merawat persaudaraan lintas negara di kawasan Pasifik.

”Mari kita tunjukkan pada dunia, kawasan Pasifik sungguh erat tali persaudaraannya, dan memiliki nilai yang tinggi dalam perekonomian global. Mari semarakkan, It’s Pacific Time!,” ujar Rifai.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai mengatakan Pasific Exposition 2021 berlangsung di Wellington, ibu kota Selandia Baru.

“Banyak berbagai produk unggulan Papua yang akan dipamerkan di Pasific Exposition 2021, seperti kopi , batik, dan lainnya. Bahkan, kami juga akan mempromosikan (objek) wisata yang ada di Papua. Itu penting guna menarik wisatawan dan investor,” kata Suzana.