Gubernur Papua Barat Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi Covid-19
bneritapapua.id - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan (foto : tribunnews)

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, mengajak warga yang belum melakukan vaksinasi COVID-19, agar mendatangi tempat-tempat pelayanan suntik vaksin terdekat.

Beliau kembali menegaskan hal tersebut pada serbuan vaksinasi COVID-19 massal bagi masyarakat kampung Arowi Distrik Manokwari Timur kabupaten Manokwari, Kamis (8/7/2021).

Gubernur Mandacan mengatakan Pemerintah Papua Barat menyasar masyarakat umum untuk difokuskan pada program serbuan vaksinasi COVID-19 selama 14 hari masa PPKM.

Serbuan vaksinasi tersebut, bertujuan untuk membentuk kekebalan imun melihat tingginya penyebaran virus korona saat ini di ibukota provinsi Papua Barat.

“Kasus aktif Manokwari tertinggi di Papua Barat, oleh karena itu pemerintah bersama TNI/POLRI bergerak bersama melaksanakan serbuan vaksinasi dengan mendatangi daerah permukiman warga secara bergiliran,” kata Gubernur.

Gubernur Dominggus Mandacan menyatakan bahwa masyarakat harus bisa memanfaatkan kebijakan Pemerintah melalui program serbuan massal vaksinasi COVID-19. Mengingat salah satu syarat kesehatan masyarakat dalam melakukan perjalanan adalah bukti sudah melakukan vaksin.

“Masyarakat jangan salahkan Pemerintah jika tidak diizinkan bepergian ke daerah lain karena tidak memenuhi salah satu syarat kesehatan [vaksinasi] periode PPKM di daerah ini,” kata Mandacan pula.

Lakukan Vaksinasi Massal, Gubernur Papua Barat Salurkan Paket Bahan Pokok

Selanjutnya dalam serbuan massal suntik vaksin COVID-19, Gubernur Papua Barat turut menyalurkan 500 paket bahan pokok (bapok) kepada warga masyarakat lokal di kampung Arowi yang berhak menerima sesuai data pemerintah kampung tersebut.

Baca Juga : Musa Kodi, Atlet Tangguh Hidupi Keluarga Sebagai Pencari Kayu

“Bahan pookok ini merupakan kepedulian Pemerintah provinsi Papua Barat untuk meringankan beban keluarga kurang mampu yang mendatangi tempat pelayanan vaksinasi, dan sudah melakukan vaksin,” kata Dominggus Mandacan.

Kepala kampung Arowi Distrik Manokwari Timur George Krey, tak menampik bahwa sebagian besar warganya belum bersedia melakukan vaksinasi COVID-19.

Krey menjelaskan kondisi tersebut, karena masih minim antusias warga kampung Arowi mendatangi tempat pelayanan vaksknasi COVID-19 yang berpusat di halaman SD Inpres 45 Arowi Manokwari Timur.

“Memang masih butuh waktu untuk mengajak seluruh masyarakat vaksinasi sebagaimana program Pemerintah saat ini. Warga saya masih ada yang beda pemahaman terkait keamanan vaksin COVID-19. Itu pilihan dan hak mereka (warga) yang tidak bisa saya paksakan,” kata George Krey.