Gubernur Papua Barat Terus Lestarikan Kerukunan Umat Beragama
beritapapua.id - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. (foto: mediaindonesia)

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengajak umat beragama di provinsi itu untuk merawat kerukunan yang sudah terjalin baik sejak lama di wilayah tersebut.

Dengan tetap menjaga kerukunan umat beragama di wilayah itu merupakan salah satu upaya mendukung pembangunan daerah tersebut.

Karena menurutnya, pembinaan kerukunan umat beragama adalah bagian dari tanggungjawab pemerintah daerah. Selain itu, kerukunan umat beragama juga tertuang dalam visi-misi Pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Pembinaan kerukunan umat beragama adalah misi ke delapan kepemimpinan saya di provinsi ini. Cita-cita pembangunan Papua Barat akan terwujud jika didukung dengan kerukunan umat beragama,” kata Gubernur Dominggus Mandacan.

Ia mengatakan bahwa saat ini pemerintah juga ikut mendukung melaksanakan perannya dalam melakukan pembinaan kerukunan umat beragama. Salah satunya dengan memberikan dukungan melalui biaya Hibah pembangunan gedung kantor sekretariat Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) provinsi Papua Barat.

“Pada Jumat (10/9) kemarin, saya telah meletakkan batu pertama awali pembangunan gedung kantor sekretariat FKUB provinsi Papua Barat. Dengan bantuan biaya Hibah senilai Rp4,3 miliar melalui biro mental dan spiritual Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat,” kata Gubernur.

FKUB Papua Barat Bisa Bekerja Maksimal

Dia berharap kinerja pengurus dan anggota FKUB provinsi Papua Barat akan lebih maksimal dengan adanya gedung kantor sekretariat tersebut.

“Saya berterima kasih kepada FKUB yang terus berkarya merawat kebhinekaan di provinsi ini,,” tutur Gubernur.

Baca Juga: Polisi Resmi Tetapkan 2 Tersangka Pelaku Pembunuhan Prajurit TNI

Sementara itu, ketua FKUB provinsi Papua Barat Pendeta Sadrak Simbiak mengatakan bahwa dua tahun terakhir (2019/2020) indeks kerukunan umat beragama provinsi tersebut tertinggi di Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari persentase indeks kerukunan umat beragama yang mencapai angka 80 persen.

Ia mengatakan Papua Barat bisa menjadi contoh baik tetang kerukunan umat beragama untuk wilayah lain.

“Dibawah kepemimpinan Gubernur Dominggus Mandacan, kerukunan umat beragama di provinsi ini terawat dengan baik, sehingga kami juluki Papua Barat sebagai miniatur toleransi umat beragama di Indonesia,” kata dia.

Simbiak juga menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah melalui bantuan Hibah untuk pembangunan gedung kantor sekretariat FKUB Papua Barat di Manokwari ibu kota provinsi.