Gubernur Papua Buka Suara Terkait Dua Nama Calon Wagub Papua
beritapapua.id - Ketua Koalisi Papua Bangkit Jilid II, Matius Awoitauw. (foto: pasificpos)

Gubernur Papua, Lukas Enembe, akhirnya buka suara terkait calon pengganti almarhum Klemen Tinal yang meninggal di Jakarta, beberapa waktu lalu, karena sakit.

Menurut Gubernur Papua, Lukas Enembe, kosongnya posisi Wakil Gubernur tersebut hingga kini banyak pihak sedang memperebutkan jabatan itu. Namun ia sendiri telah memastikan bakal ada dua nama calon yang bakal berada di titik puncak.

“Wakil gubernur diperebutkan oleh banyak orang. Saya tidak tahu nanti siapa yang akan isi. Tapi kalau keputusan gubernur ada dua orang, Yunus dan Kenius,” ungkap Gubernur Lukas Enembe, Selasa (21/9/2021).

Menurutnya, keduanya nama tersebut memiliki kecocokan dalam bekerjasama serta visi dan misi yang sama dalam membangun Papua. Selain itu, dua nama tersebut adalah kader terbaiknya yang sampai sejauh ini.

Ia juga percaya jika kedua nama calon tersebut bisa melanjutkan posisi Wakil Gubernur Papua yang saat ini masih kosong.

“Kalau mereka dua yang masuk untung baik ya, itu kebanggaan saya. Supaya mereka bisa lanjutkan,” ucapnya.

Dukungan Parpol Dari Masing-masing Calon

Sedikit informasi, bahwa Kenius Kogoya sudah memiliki dukungan dari Partai Hanura, PKB, PKP, dan PPP. Sedangkan Yunus Wonda mendapatkan dukungan penuh dari Partai Demokrat lantaran permintaan dari Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Keputusan tersebut hasil rapat Tim Koalisi Lukmen Jilid II sesuai hasil voting lima partai politik (parpol). Hasil voting tersebut dilakukan oleh sembilan parpol yang tergabung dalam Koalisi Lukmen Jilid ll di Hotel Suni Garden lake, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Lomba Marathon, TNI-Polri Perketat Keamanan di Kuala Kencana

Namun ada empat parpol yang belum sepakat dengan dua nama itu, yaitu Partai Golkar, Nasdem, PAN, dan PKS.

Sebelumnya, parpol koalisi Papua Bangkit menyerahkan enam nama kandidat calon Wagub Papua ke Gubernur Papua. Mereka diantaranya Abock Busup, Befa Jigibalom, Kenius Kogoya, Yunus Wonda, Komjen Paulus Waterpauw dan John Tabo.

Koalisi partai pengusung Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Pilgub Papua 2018 lalu antara lain Partai Demokrat, Partai Golkar, Hanura, PKB, Partai Nasdem, PAN PKS, PKPI dan PPP.

Kursi Wakil Gubernur Papua sampai sejauh ini masih kosong setelah meninggalnya almarhum Klemen Tinal meninggal dunia pada 21 Mei 2021 lalu.