Gubernur Papua Kunjungi Merauke dan Memberikan Dukungan ke Atlet
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe, didampingi Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, saat meninjau venue road race PON XX Papua di kebun coklat, Distrik Tanah Miring, Merauke, Rabu (6/10/2021). (foto: Jubi)

Gubernur Papua, Lukas Enembe, melakukan kunjungan ke Kabupaten Merauke sekaligus memberikan dukungan kepada para atlet yang sedang berlaga di enam cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Hadirnya Gubernur Lukas Enembe di Merauke juga bertujuan untuk melihat venue balap motor di kebun coklat (keco) Distrik Tanah Miring. Pada kunjungannya itu Gubernur Lukas Enembe hadir bersama Bupati Merauke Romanus Mbaraka.

Pada kesempatan yang sama ia juga turut untuk menyaksikan menyaksikan secara langsung balap motor perorangan yang tengah bertanding.

Bupati Mbaraka menjelaskan datangnya Gubernur Lukas Enembe ke Merauke untuk memberikan support kepada semua atlet yang sedang bertanding.

“Ya, Pak Gubernur juga melihat secara langsung perjalanan pelaksanaan enam cabang olahraga yang sedang berlangsung di klaster Merauke,” ungkap bupati.

Bupati Mbaraka mengatakan hadirnya Gubernur merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat di Kabupaten Merauke. Karena meski memiliki berbagai kesibukan Gubernur bisa menyempatkan datang ke wilayah tersebut.

Gubernur Papua Serahkan Medali Emas Kepada Atlet Peraih Emas

Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga berkesempatan menyerahkan medali emas kepada salah satu pembalap Papua yang meraih medali emas.

Sementara itu, Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus melalui siaran pers mengatakan Gubernur sangat bangga atas torehan pembalap Papua. Hal ini karena bisa menyumbangkan medali emas untuk kontingen Papua di PON XX.

Baca Juga: Grab Umumkan Ikut Berpartisipasi Menjadi Transportasi PON XX

Ia juga mengatakan ini merupakan moment kebangkitan olahraga automotif di Papua dan menjadi penyemangat bagi pembalap lainnya.

“Ini merupakan motivasi bagi pengembangan olahraga automotif dan bisa menjadi semangat bagi pembalap-pembalap selanjutnya di Papua,” katanya.

Sedikit informasi, empat nomor yang dipertandingkan di disiplin cabor road race yakni nomor standar perorangan, modifikasi perorangan, standar beregu dan modifikasi beregu.
Dari empat nomor, tim tuan rumah Papua berhasil memboyong 3 medali emas dan 2 medali perunggu.

Tiga nama atlet yang berhasil meraih medali emas adalah Fahmi Basam nomor punggung 20 dari Tim Papua-B dengan catatan waktu 1:12.733 dari 20 lap (lintasan) di nomor standar perorangan.

Medali emas kedua di nomor modifikasi perorangan atas nama Alwhin Sanjaya nomor punggung 64 dari Tim Papua-A dengan catatan waktu 1:12.693 dari 20 lap.

Serta untuk emas ketiga di nomor modifikasi beregu atas nama Boy Arby Febri nomor punggung 87 dan Gupita Kresna nomor punggung 66 dari Tim Papua-B dalam 20 lap.