Gubernur Papua Lepas Kontingen NPC Papua Menuju Peparnas XVI
beritapapua.id - Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera kontingen Peparnas XVI Papua kepada ketua kontingen KKepala Kejaksaan Tinggi Papua Nikoalaus Kondomo. (foto: Jubi)

Gubernur Papua, Lukas Enembe resmi melepas Kontingen National Paralympic Committee (NPC) berlangsung di kawasan olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10/21).

Kontingen NPC Papua ini akan tampil pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI pada 5-15 November 2021. Kontingen NPC Papua juga telah menargetkan untuk mendapatkan medali emas di beberapa nomor pertandingan.

Selain itu, target kontingen NPC Papua juga adalah menjadi juara umum di rumah sendiri dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Usai melepas kontingen NPC Papua secara resmi, Gubernur Lukas Enembe menyatakan optimis para atlet Papua bisa memberikan penampilan dan prestasi terbaik.

”Saya percaya kita mampu melakukan dengan baik, untuk itu saya percayakan kepada tim ketua kontingen,” kata Gubernur Enembe.

Gubernur berharap kontingen NPC Papua bisa menyumbangkan banyak medali dan bisa melampaui target yang ada. Karena sebelumnya atlet-atlet Papua juga berhasil menorehkan prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

“Harapan saya di Peparnas terutama kontingen NPC Papua bisa menyumbangkan medali sebanyak-banyaknya. Kalian sama dengan atlet PON XX. Kalau di PON XX mereka bisa mencapai melebihi target, maka atlet NPC Papua juga bisa mencapai seluruhnya,” imbau Gubernur.

Siap Meraih Prestasi Terbaik

Ketua kontingen Nikolaus Kondomo menegaskan jika dirinya sudah siap mengemban tugas dan memotivasi para atlet untuk meraih prestasi terbaik.

“Saya selaku ketua kontingen NPC Papua, siap melaksanakan tugas dengan penuh,” kata Kondomo.

Baca Juga: Kawal Inpres No 1/2021, Paulus Waterpauw Rapat Bersama di PLBN

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma, juga menyatakan para atletnya sudah siap berjuang untuk memberikan prestasi terbaik bagi Bumi Cenderawasih. Target mereka ingin menjadi juara umum.

“Sebanyak 12 cabor akan kita ikuti, kekuatan atlet kita sebanyak 280 orang. Kami berusaha untuk memperbaiki posisi peringkat kita di Jawa Barat tahun 2016. Di sini kita sebagai tuan rumah kita mau juara umum. Kita sangat optimis karena kita sudah latihan cukup lama dan ditangani oleh pelatih nasional. Dengan mengeluarkan keringat kita harus membuktikan diri kita mampu memberikan yang terbaik untuk Papua,” kata Jaya Kusuma.