Gubernur Papua Lukas Enemba Dievakuasi ke RSPAD Jakarta
beritapapua.id - Gubernur Papua Lukas Enemba Dievakuasi ke RSPAD Jakarta - Tribunnews

Gubernur Papua Lukas Enemba Dievakuasi ke RSPAD Jakarta – Lukas Enembe dikabarkan dievakuasi ke rumah sakit Jakarta. Enembe dievakuasi menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan PK-LWB, pada Selasa (14/4/2020) dini hari tadi, sekitar pukul 01.20 WIT.

Hingga kini belum didapat keterangan resmi dari pemerintah setempat, terkait evakuasi Gubernur Papua yang dikabarkan sakit itu.

Walau begitu, kabar adanya pesawat mendarat dini hari tadi dibenarkan oleh Pejabat Sementara General Manager Bandara Sentani, Anthonius Praptono. Ia mengaku ada pesawat Batik Air tiba sekitar pukul 00.01 WIT dan berangkat pukul 01.20 WIT.

“Itu pesawat sewaan, untuk mengevakuasi orang sakit dengan tujuan Jakarta. Tidak diketahui pasti siapa yang dievakuasi,” jelas Anthonius melalui pesan singkat, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold Pical menyebutkan Gubernur Papua Lukas Enembe pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.20 WIT dievakuasi ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan PK-LWB.

“Memang benar ada laporan tentang evakuasi Gubernur Enembe yang didampingi keluarga dan dokter pribadi dengan menggunakan pesawat Batik Air,” ujarnya.

Kata Harold, jumlah penumpang seluruhnya 10 orang ditambah crew pesawat. Ia menjelaskan, kondisi Gubernur Enembe dilaporkan stabil. “Setibanya di Jakarta akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto,” katanya.

Baca Juga: Mencoba Kabur 2 Pelaku Penyerangan Polisi Poso Ditembak Mati

Sempat Berstatus ODP, Kini Gubernur Papua di Tes PCR

Sebelum diterbangkan dari Papua ke Jakarta, Gubernur Papua Lukas Enembe sempat menyandang status orang dalam pemantauan (ODP) pada pertengahan Maret lalu. Ini dikarenakan ia memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar corona COVID-19.

Dengan statusnya sebagai ODP, Enembe menjalani prosedur kesehatan yang diterapkan oleh tim kesehatan COVID-19 di Papua. Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menyebutkan tim kesehatan telah melakukan dua kali pemeriksaan terhadap Gubernur Papua.

“Pemeriksaannya bukan dengan rapid test, tapi kami menggunakan PCR dan hasilnya negatif. Jadi, jika ada isu yang menyebutkan beliau (Gubernur Papua) positif COVID-19, itu tidak betul dan kami bisa mempertanggungjawabkan hasil pemeriksaan ini,” kata Sumule, dalam keterangan pers di Jayapura, Selasa (14/4/2020).

Dokter pribadi Gubernur Papua, dokter Anthon Mote menyebutkan saat ini Gubernur Papua dalam kondisi stabil dan sehat. Anthon membenarkan dini hari tadi, Gubernur Papua melakukan perjalanan dengan pesawat Batik Air untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatannya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

“Kepergian beliau untuk pemeriksaan kesehatan rutin tahunan yang sempat tertunda. Saya memang tak ikut mendampingi dan pengecekan kesehatannya. Pak Gub hanya didampingi oleh sanak keluarga,” ujar Anthon.