Gubernur Papua Minta Semua Kepala Daerah Tingkatkan Keamanan
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe. (foto: istimewa)

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua yang berlangsung pada Oktober mendatang, tinggal menghitung hari. Untuk itu Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta semua kepala daerah kabupaten/kota menjaga keamanan wilayahnya.

Hal ini ia ungkapkan saat memberikan keterangan di Jayapura, Senin (13/9/2021) kemarin. Meskipun secara resmi pelaksanaan PON XX Papua akan mulai pada 2 Oktober 2021, namun akan beberapa cabang olahraga yang akan mulai lebih awal.

Salah satu Cabang olahraga yang mulai lebih awal adalah pertandingan softball yang akan mulai pada 22 September 2021.

Selain itu, masih ada Penyisihan cabang olahraga sepak takraw, canoeing, sepak bola, voli pasir, dan sepatu roda juga akan mulai sebelum pembukaan PON XX Papua. Perhelatan PON XX Papua sendiri akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 nanti.

Karenanya Gubernur Papua, Lukas Enembe mengimbau kepada kepala daerah di Papua khususnya yang menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan PON XX kali ini, agar selama pelaksanaan PON XX bisa menjaga persatuan dan menghindari konflik sosial di wilayahnya masing-masing.

“Saat PON tidak boleh ada konflik. Saya harap situasi aman dan terkendali,” ujar Enembe.

Gubernur Papua Dukung Penuh Pelaksanaan PON XX

Gubernur Papua, Lukas Enembe juga meminta semua kepala daerah kabupaten/kota untuk mendukung penuh pelaksanaan PON XX di Papua.

Menurutnya terpilihnya Papua menjadi tuan rumah PON XX, karena banyak atlet Papua yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Jadi hal terpenting saat ini yang semestinya perlu dilakukan adalah tetap ikut mendukung berlangsung pelaksanaan PON XX di Papua.

Baca Juga: 45 Unit Bus Transportasi Atlet Sudah Siap Beroperasi Selama PON XX

“Kenapa Papua jadi tuan rumah, sebab atlet asal Papua banyak berprestasi. Jadi, kita harus membanggakan Indonesia. Kita akan bangga saat atlet dari Papua berprestasi tak hanya dalam event nasional, tetapi juga Internasional, sehingga kita semua mengharumkan Merah-putih,” ujarnya.

Menurutnya PON XX akan bisa sukses berjalan dengan adanya kerjasama dari semua pihak serta dukungan dari masyarakat Papua itu sendiri. Karenanya ia juga berharap masyarakat juga ikut mendukung perhelatan PON XX tersebut.

Selain itu, ia juga mengimbau selama berlangsungnya pelaksanaan PON XX ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Lantaran sejauh ini pandemi Covid-19 masih ada dan belum menghilang.