Gubernur Papua Sebut Potensi Pemulangan Mahasiswa Beasiswa Otsus
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe. (foto: pospapua)

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH menyampaikan soal potensi pemulangan para mahasiswa peraih beasiswa Otonomi Khusus (Otsus). Kepulangan mahasiwa ini juga akibat terbitnya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Bagi Provinsi Papua serta Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2021 tentang Kewenangan dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otsus Provinsi Papua dan Peraturan Pemerintah Nomor 107 tahun 2021 tentang tentang Penerimaan, Pengelolaan, Pengawasan, dan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Dalam Rangka Pelaksanaan Otsus Provinsi Papua Kebijakan Otsus Provinsi Papua.

Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus, SH, MH melalui Press Release Selasa (23/11/2021) mengatakan Gubernur Papua, saat memberikan sambutan dalam Ibadah Perayaan Pentahbisan Gedung Gereja Injili di Indonesia (GIDI) Eden, Santarosa, Entrop, Jayapura, Sabtu (20/11/2021).

Salah satunya terkait dengan keberlangsungan program beasiswa Otsus yang disediakan Pemprov Papua kepada putra-putri asli Papua yang menjalani studi perkuliahannya di dalam ataupun luar negeri.

Terkait akan hal itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe berharap agar mahasiswa yang saat ini tengah menjalani studi tidak terprovokasi dengan isu yang ada. Dan ia sangat berharapa agar seluruh siswa tersebut tetap berkonsentrasi menjalani studinya masing-masing.

Ia juga mengatakan agar mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mematangkan diri saat menjalani studi.

Membuka Ruang Diskusi

Gubernur pada dasarnya ingin membuka ruang diskusi yang lebih luas bersama Pemerintah Pusat. Hal ini merupakan upaya dalam membahas kebijakan yang berkenaan dengan Provinsi Papua.

Karena menurutnya, dalam membentuk suatu peraturan perundang-undangan mestinya ada keharmonisasian. Apalagi kaitannya adalah dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Papua.

Baca Juga: BP2DK Menggelar Pekan Literasi Digital di Wamena

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa program Papua yang telah melahirkan banyak meningkatkan SDM di Provinsi Papua. Salah satunya adalah Beasiswa Unggul Papua yang memang sudah berlangsung cukup lama.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan bahwa pendidikan adalah amunisi terbaik bagi generasi yang akan datang dalam membangun Provinsi Papua.

Gubernur Papua tak ingin adanya perubahan kebijakan yang berakibat terjadinya pengurangan ataupun relokasi anggaran sektor pendidikan. Karena hal ini juga bisa mengganggu keberlanjutan implementasi program prioritas Pemprov Papua, khususnya Program Beasiswa Unggul Papua.

Karenanya ia mengajak kepada seluruh elemen yang ada di Papua, untuk bersama-sama dengan Pemerintah Pusat membangun jalur komunikasi yang konstruktif, efektif dan berkelanjutan.

Gubernur Papua juga berharap agar Pemerintah Pusat dalam merumuskan kebijakan dalam kerangka Otsus Papua memperhatikan dengan sungguh-sungguh sejumlah program. Apalagi ada beberapa program yang menjadi unggulan Pemprov Papua yang selama ini berhasil meningkatkan kualitas SDM Orang Asli Papua.

Terlebih ada program yang melahirkan khususnya generasi muda yang mendapat kesempatan meraih beasiswa dan menjalankan studinya di perguruan tinggi terbaik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya agar para mahasiswa tersebut bisa tetap melanjutkan pendidikannya hingga selesai.