Gubernur Papua Tepati Janji Berikan Bonus Atlet Difabel Berprestasi di Peparnas XVI
beritapapua.id - Gubernur Papua saat menyerahkan bonus kepada atlet. (Foto: Istimewa)

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH tepati janji berikan bonus kepada atlet difabel dan pelatih Nasional Paralympic Comitte (NPC) Papua yang berhasil meraih medali pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV Papua 2021.

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan ucapan terimakasih kepada para atlet karena memberikan mendali dan torehkan prestasi serta mengharumkan nama Papua.

Selain itu, Gubernur Papua juga menyampaikan terimakasih kepada para atlet yang belum meraih medali atas perjuangannya, serta para pelatih dan ofisial.

“Terimakasih atas medali emas yang diberikan, ini adalah sebuah prestasi terbaik. Papua keluar sebagai juara umum dengan total 295 medali, dengan rincian 125 emas, 85 perak, dan 85 perunggu,” jelas Enembe.

Gubernur mengatakan, penyerahan bonus ini bentuk perhatian pemerintah daerah kepada atlet difabel Papua.

Ia pun berharap atlet dan pelatih NPC tidak melihat dari nilai bonus tersebut. Menurutnya bonus itu hanya motivasi kepada para atlet agar bisa memberikan hasil terbaik untuk Papua.

“Bonus ini jangan jadi ukuran dari prestasi yang diraih, tetapi dengan bonus ini dapat menimbulkan suatu semangat untuk menciptakan satu semangat untuk terus menambah prestasi dan medali yang diberikan sebagai atlet dalam mengikuti ivent lain kedepan,” imbuhny.

Rincian Bonus Peraih Medali

Atas prestasi ini, peraih medali emas perorangan mendapatkan bonus sebesar Rp 1,050 miliar. Untuk medali perak perorangan mendapatkan Rp 525 juta dan medali perunggu perorangan Rp255 juta. Sedangkan medali emas beregu sebesar Rp 675 juta, perak Rp 325 juta, dan medali perunggu Rp 165 juta.

Sementara itu, Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengapresiasi bonus yang diberikan Gubernur Papua kepada atlet Paralimpik yang berhasil meraih medali di Peparnas XIV tahun 2021.

Baca Juga: Ratusan Tenaga Kebersihan Jayapura Mendapat Bantuan Sembako

Menurutnya, bonus tersebut menjadi pemicu khususnya bagi atlet difabel lainnya yang belum mampu meriah hasil maksimal di ajang Peparnas kemarin.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Gubernur (Papua), yang sudah memfasilitasi kami selama di Peparnas, termasuk dengan pemberian bonus saat ini,” bebernya.

Ia juga yakin dengan perhatian dari Pemerintah tersebut dapat membuat sektor olahraga di Papua menjadi lebih baik. Apalagi saat ini sektor olahraga bagi kaum difabel Papua juga telah mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah.