Gubernur Provinsi Papua
Gubernur Provinsi Papua Raih Penghargaan Inovasi Penanganan Covid

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, meraih penghargaan atas inovasi penanganan Covid-19. Dewan Pers M Nuh selaku ketua tim juri untuk penilaian penghargaan tersebut menyebut hal ini adalah bentuk apresiasi mereka.

Selain apresiasi, M Nuh berharap penghargaan tersebut mampu memotivasi pemimpin lainnya. Menurut M Nuh, Gubernur Provinsi Papua adalah salah satu dari 14 tokoh lainnya yang mendapat penghargaan.

“Dalam situasi pandemi, kondisi yang dihadapi para pemimpin publik di masyarakat bertambah berat, untuk itu diperlukan kapasitas kepemimpinan inovatif yang mampu mengambil terobosan baru,” kata M Nuh, mengutip papua.inews Rabu (03/03/2021).

“Pemberian penghargaan bagi gubernur ini, tentunya akan menjadi cambuk bagi para pejabat di bawahnya serta stakeholder lainnya serta masyarakat di Papua untuk bekerja lebih giat lagi dan menunjukkan Papua bisa sejajar dengan daerah lainnya,” imbuhnya.

Adapun anggota tim juri terdiri dari figur publik. Antara lain Rektor UI Ari Kuncoro, Epidemiolog UGM Riris Andono Ahmad, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio dan Primus Dorimulu.

Tim juri menggunakan sejumlah parameter untuk mengukur kinerja para pemimpin. Adapun parameter tersebut mencakup upaya penanganan. Termasuk cara mengurangi penyebaran dan dampaknya.

“Parameter yang digunakan untuk menilai kinerja gubernur sangat objektif dan terukur, karena berdasarkan indikator penanganan Covid-19 dan indikator kondisi ekonomi, seperti tingkat pengangguran dan pergerakan ekonomi,” jelas M Nuh.

Gubernur Provinsi Papua Tekan Laju Penularan hingga Angka 0,8

Baca juga: Tas Noken, Warisan Budaya Yang Harus Diselamatkan

Salah satu prestasi Gubernur Lukas Enembe adalah kiprahnya dalam menekan laju penularan Covid-19. Menurut standar WHO, angka penularan suatu daerah tergolong aman ketika memiliki angka Reproduksi Efektif (RT) setidaknya 1.

Namun, Gubernur Provinsi Papua berhasil menekan RT hingga ke angka 0,8. Artinya, Lukas Enembe mampu mencapai target standar RT WHO, bahkan melampauinya. Selain angka RT, Papua juga memiliki angka kematian yang relatif kecil.

Papua memiliki angka kematian Covid-19 di bawah rata-rata nasional, yakni 1,1 persen. Ini membuktikan bahwa angka kesembuhan warga Papua tergolong tinggi. Menurut catatan, angka kesembuhan warga Papua mencapai 87 persen.

Gubernur Provinsi Papua terbukti mampu melakukan tes melampaui standar WHO. Angka ini termasuk yang terkecil dari seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai informasi, mengacu pada data terbaru, angka kasus positif Covid-19 untuk Papua adalah 16.895. Untuk angka kesembuhan berada pada 9.047 orang dengan angka kematian 175.