Guna Siapkan Konsumsi, PB Peparnas Berkolaborasi Bersama PT DBS
beritapapua.id - Para koki PT DBS yang akan menangani konsumsi Peparnas XVI Papua. (foto: Jubi)

Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua 2021 dan PT Dara Boga Samara (DBS) Bogor berkolaborasi menyediakan konsumsi di Peparnas mendatang. Hasil kolaborasi ini untuk menyediakan konsumsi kepada atlet, official, pengurus cabor, relawan dan tamu yang akan hadir di Peparnas tersebut.

Untuk itu PB Peparnas dan PT DBS melakukan test food di Kitchen DBS Mega Futsal Jayapura, Sabtu (30/10/2021).

Bidang Konsumsi PB Peparnas XVI Papua 2021 juga menyiapkan dua dapur, yakni di Kitchen DBS Mega Futsal Jayapura dan di Puspemka, Hawai, Sentani. Hal ini untuk melancarkan pembagian konsumsi saat pelaksanaan Peparnas berlangsung. Pelayanan konsumsi Peparnas XVI Papua mulai 2 -15 November 2021.

Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua 2021, Doren Wakerkwa mengatakan mitra kerjanya PT DBS sudah menyiapkan konsumsi untuk melayani para atlet, offisial, relawan dan tamu di Peparnas XVI Papua 2021.

Pihak PB Peparnas XVI Papua 2021 dan PT DBS menjamin seratus persen konsumsi bergizi, fresh, higinis, halal dan tentu aman dari nasi basi.

Doren pun mengakui PT DBS adalah mitra profesional dan berpengalaman melayani konsumsi pada event-event olahraga nasional maupun internasional.

PT DBS telah memberikan pelatihan kepada Mama-Mama Papua, untuk mengolah aneka kue berbahan dasar sagu.

“Selain untuk sukseskan Peparnas, juga kedepannya mama mama Papua bisa mengembangkan ekonomi rumah tangganya dengan mengolah aneka kue dari sagu,” ujarnya.

Makanan Sudah Teruji dan Bergizi

Sementara itu, Koordinator Bidang Konsumsi PB Peparnas XVI Papua 2021, Anike Rawar menuturkan PT DBS menyiapkan makanan yang sudah teruji oleh ahli kesehatan, ahli gizi dan lain-lain.

Ia menegaskan bahwa makanan yang tersedia nantinya akan memiliki jangka waktu empat jam dari proses masak hingga ke tangan konsumen. Dengan begitu setelah lewat dari empat jam makanan tersebut harus sudah untuk diganti dengan paket yang baru. Hal ini menurutnya agar tamu yang hadir tidak menerima makanan basi.

Baca Juga: PLN Fasilitasi Pelatihan, DPR Manokwari Apresiasi

Untuk itu, Anike bersama timnya akan memantau terus sejauh mana perkembangan pelayanan PT DBS.

Dirut PT DBS, Susanto mengatakan pihaknya siap melayani konsumsi para atlet, official, pengurus cabor, relawan dan tamu yang hadir di Peparnas.

Ia juga mengatakan bahwa PT DBS akan mendapatkan dukungan dari 60 persen tenaga lokal dan 40 non lokal.

Susanto juga menuturkan sebagian makanan yang akan tersedia sebagian besar makan nasional dan sebagian kecil makanan Thailand. Tapi komposisnya hanya untuk variasi.

Ia juga menjelaskan pihaknya telah menyiapkan alat-alat canggih untuk menjaga, agar makanan itu betul- betul aman, fresh dan higinis.

Executive Chef PT DBS Lucky Permana mengatakan pihaknya menggunakan teknologi, untuk mempercepat proses makanan.

“Jadi makanan yang akan kita sajikan itu nanti langsung otomatis calling down atau didinginkan, sehingga makanan itu kalau mesinnya panas ganti box tak mengeluarkan uap. Jadi makanan bisa tahan sampai dengan 24 jam,” terangnya.