Gunung Botak, Destinasi Wisata Terbaik di Papua Barat
beritapapua.id - Gunung Botak, Destinasi Wisata Terbaik di Papua Barat - Istimewa

Gunung Botak, Destinasi Wisata Terbaik di Papua Barat – Papua Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejumlah tempat wisata terindah yang jarang diketahui banyak orang. Salah satu destinasi wisata yang memukau yaitu Gunung Botak.

Gunung botak ini terletak di jalan lintas Manokwari-Bintuni, dimana jika kita ingin mengunjungi tempat ini perlu waktu sekitar 4 sampai 5 jam dari Manokwari menggunakan mobil. Dalam perjalanan menuju gunung ini kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Kita Juga akan melewati perkampungan penduduk lokal dan transmigran yang jaraknya berjauhan di Distrik Momi Waren, Manokwari Selatan.

Akan tetapi, untuk menunju ke sana dibutuhkan mobil dengan spesifikasi khusus mengingat jalannya yang berbukit dan sebagian jalan yang masih belum beraspal.

Meski namanya Gunung Botak, gunung di Kabupaten Manokwari Selatan ini tidak benar-benar gundul. Pepohonan besar memang tidak tampak di seluruh penjuru pandang, tapi tetumbuhan pendek, semak dan rumput liar menyelimuti punggung gunung, membuatnya terlihat seperti gundukan raksasa berwarna hijau kekuningan.

Baca Juga: Tukang Ojek dan Mama-mama Papua Terima Makanan Gratis

Lautan Pasifik Terbentang di Depannya

Gunung yang seolah terbentuk dari tanah yang tertumpah di dekat laut ini berhadapan langsung dengan lautan Pasifik. Dari puncaknya tersaji pemandangan hamparan laut dan cakrawala, serta lika-liku jalanan di kaki gunung yang tampak seperti lukisan batik.

Di tanjungnya, pengunjung bisa berfoto dengan latar pemandangan gunung dan lautan, yang terlihat seperti danau tenang yang dikelilingi gunung.

Perairan di sekitar gunung itu bening. Nelayan bisa dengan tenang menjaring ikan di sana karena gelombangnya tidak besar. Namun tidak banyak nelayan yang mencari ikan di sana karena lokasinya jauh dari perkampungan penduduk.

Hamparan pasir putih memperindah pantai yang mengelilingi teluk. Di beberapa bagian, hamparan pasir putihnya cukup luas untuk area bermain di tepi pantai. Tapi jika ingin berswafoto di dekat tebing sebaiknya berhati-hati karena belum ada fasialitas pagar pengamanan yang memadai.

Manokwari memang sangat kaya akan wisata alamnya, ini bukti salah satu tempat wisata di papua dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di manokwari.