Hadirnya Penonton di PON XX Papua Belum Ada Keputusan Final
beritapapua.id - Sekjen KONI Pusat, TB Ade Lukman. (foto: Bolaskor)

Sejauh ini hadirnya penonton di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua belum ada keputusan final. Hasil keputusan tersebut saat ini masih menjadi pertimbangan karena melihat kondisi yang saat ini pandemi Covid-19 belum mereda.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, TB Ade Lukman mengatakan sampai hari ini pihaknya belum mendapatkan keputusan resmi terkait kehadiran penonton di ajang PON XX.

Lukman menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 yang akan memutuskan dan mempertimbangan adanya penonton di PON XX nanti. Saat ini keputusan tersebut masih belum ada kepastian karena Satgas Covid-19 masih meninjau terkait kemungkinan hadirnya penonton di PON XX.

Ia menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya mendukung PB PON Papua agar pelaksanaan PON XX bisa berjalan lancar dan sukses. Karena saat ini sisa waktu pelaknaan PON XX tersebut tinggal sedikit dan hanya yang tinggal puluhan hari.

Baca Juga: Polresta Jayapura Ajak Tokoh Agama Sukseskan Program Vaksinasi

KONI Pusat juga akan mengusulkan kebijakan dengan mengedepankan regulasi pencegahan Covid-19 seperti halnya Pemerintah saat ini lakukan.

Ia juga mengimbau agar setiap orang yang terlibat dalam pelaksanaan PON XX sudah tervaksinasi sesuai arahan Presiden Jokowi.

Pelaksanaan PON XX Tetap Menerapkan Prokes Ketat

Lukman menjelaskan, Koni Pusat akan terus membantu PB PON agar pelaksanaan PON XX bisa berjalan dengan lancar, namun tetap dengan menerapkan prokes yang ketat.

“Kalau olimpiade berhasil kami juga yakin Papua bisa memsukseskan penyelenggaraan di tengah pandemik tentunya prokes juga harus digaris bawahi,” katanya.

Sementara itu, Ketua AMSI, WS Manggut mengatakan saat ini media berperan penting dalam memberikan informasi yang jelas dan akurat. Untuk itu ia berharap media juga bisa memberikan penjelasan ke publik mengenai persiapan skema penanganan Covid-19 sebelum penyelenggaraan.

“Peran pers sangat penting dalam menyampaikan informasi, bagaimana mendekatkan publik dengan tempat venue dan audiens di seluruh Indonesia dan penyelenggaraan PON yang masih di situasi pandemi covid-19. Mungkin ada bagusnya juga panitia dalam hal ini juga memberikan kesempatan atau meminta agar bagian yang menangani ini (kesehatan) untuk ikut menjelaskan ke publik. Bagaimana persiapan penanganan kesehatan supaya publik bisa memahami dan pertanyaan mereka bisa terjawab,” kata Manggut.