Hotel Steenkool, Hotel Tertua di Teluk Bintuni
beritapapua.id - Hotel Steenkool, Hotel Tertua di Teluk Bintuni - gotourismbystevanysu

Teluk Bintuni merupakan salah satu wilayah yang perkembangannya mungkin tidak secepat wilayah lain. Sebagai salah satu kabupaten dengan potensi sumber daya alam yang besar. Sayangnya perkembangan di kabupaten ini tidak sebesar potensi sumber daya alamnya.

Tak heran, jika di Teluk Bintuni masih minim sekali fasilitas-fasilitas publik yang tersedia dengan baik. Akan tetapi ada satu falisitas publik yang cukup dikenal oleh masyarakat Teluk Bintuni yaitu Hotel Steenkool.

Salah satu hotel tertua ini merupakan sebuah tempat penginapan yang memiliki fasilitas “terbaik” diantara tempat penginapan lainnya di Teluk Bintuni. Steenkool merupakan hotel pertama dengan standar hotel berbintang yang dibangun dengan corak minimalis kotemporer, yang memberikan nuansa tersendiri bagi tamu yang berkunjung ke Kabupaten Teluk Bintuni.

Nama Steenkool diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti batubara. Selain menggambarkan daerah Kabupaten Teluk Bintuni pada khususnya dan Provinsi Papua Barat pada umumnya memiliki kandungan bahan batubara yang cukup potensial. Sejak jaman Belanda, Kabupaten Teluk Bintuni dikenal sebagai daerah pertambangan minyak.

Baca Juga: ASN Pemprov Maluku Dilarang ke Luar Daerah Demi Cegah Corona

Berdiri Sejak Tahun 2007

Steenkool hotel dibangun pada 2007 dan diresmikan tanggal 9 Juni 2008 oleh Gubernur Papua Barat dan Bupati Teluk Bintuni. Lokasi hotel tersebut juga sangat terjangkau baik melalui akses darat, laut, maupun udara. Jarak dari bandara ke hotel hanya 3 km, sedangkan dari pelabuhan hanya 4 km dan keduanya bisa dijangkau dengan waktu sekitar 10 menit.

Meskipun dibangun pada tahun 2007, Steenkool ini jadi salah satu hotel tertua yang ada di Teluk Bintuni. Mengingat pembangunan yang ada di kabupaten ini tidak secepat pembangunan di pulau Jawa, pembangunan hotel pada tahun 2007 merupakan salah satu bentuk kemajuan di kabupaten Teluk Bintuni.

Selain itu, fasilitas di Steenkool hotel pun cukup lengkap. Mulai dari fasilitas kamar tidur dilengkapi dengan AC dan TV, kemudian kamar mandi dilengkapi dengan penghangat air, lalu tersedia musholla dan restoran dengan konektifitas WiFi, hingga sebuah Aula untuk pertemuan atau kegiatan meeting.

Steenkool hotel menjadi satu-satunya hotel yang sering dijadikan oleh pejabat setempat untuk melakukan kegiatan seperti meeting atau menggelar sebuah acara penting. Hal ini kemudian yang membuat masyarakat sekitar menyebut Steenkool sebagai hotel “elit” di Kabupaten Teluk Bintuni.