Huang Xiqiu Arsitek RS Khusus Corona China Lahir di Indonesia
beritapapua.id - Huang Xiqiu Arsitek RS Khusus Corona China Lahir di Indonesia - style.tribunnews.com

Pemerintah China mengejutkan dunia karena telah membangun Rumah Sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona hanya dalam hitungan hari bak cerita dongeng rakyat jaman dulu. Rumah Sakit tersebut antara lain RS Huoshenshan dan RS Leishenshan.

Pembangunan RS yang memakan waktu sekitar 10 hari tersebut dimulai sejak 23 Januari 2020 dan mulai beroperasi pada tanggal 3 Februari 2020. Rumah Sakit tersebut dibangun di atas tanah seluas 33.900 meter persegi dan memiliki fasilitas 1.000 tempat tidur. Dalam pembangunan tersebut, pemerintah China melibatkan sekitar 4000 pekerja untuk menyelesaikan proyeknya tersebut.

Dibalik kesuksesan pemerintah China dalam membangun Rumah Sakit bak cerita dongeng tersebut, ternyata sang arsitek yang bernama Huang Xiqiu pernah tinggal di Indonesia bahkan sang arsitek lahir di Indonesia.

Hal ini pun diakui oleh Menteri Luar Negeri China, Hua Chuying dalam keterangan yang terdapat di website resminya.

“Prof. Huang lahir di Indonesia dan dibesarkan di Tiongkok. Kami berterima kasih atas perhatian Anda semua untuk kami,” tulis pernyataan Hua Chuying dalam website resminya tersebut.

Baca Juga: Memperingati Hari Pers Bagi Wartawati Papua

Huang Xiqiu Lahir dan Menempuh Pendidikan di Jember, Jawa Timur

Dilansir dari kompas.com Huang Xiqiu lahir di Jember pada tahun 1941. Dia pun pernah menempuh pendidikan SD dan SMP di Chung Hua School sekolah Tiongkok di Jember, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh mantan guru sekolah Chung Hua School, Iwan Natawidjaja. Dia menyebutkan kalau Huang pernah datang saat sekolah tersebut mengadakan reuni pada tahun 2010 silam.

“Pertemuan reuni kami adakan 10 tahun sekali,” ucap Iwan.

Usai menamatkan pendidikan SMP di Chung Hua School, Huang kemudian melanjutkan pendidika SMA di Surabaya. Setelahnya ia kembali ke China hingga sekarang.

Nama Huang Xiqiu ramai dibicarakan di sosial media karena tangan dinginnya berhasil membuat Rumah Sakit khusus pasien corona di China. Terlebih Rumah Sakit tersebut dibangun dengan sangat cepat mengingat pasien dari virus ini sangat banyak dan membutuhkan penanganan yang cepat.