Hujan Semalaman, DKI Jakarta kembali terendam Banjir
beritapapua.id - Hujan Semalaman, DKI Jakarta kembali terendam Banjir - Jaya Kusuma

Hujan deras yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pada Senin 24 Februari 2020 mengakibatkan beberapa wilayah di DKI Jakarta terendam banjir. Ketinggian banjir pun bermacam-macam. Dikutip detik.com Berikut beberapa titik di Jakarta yang terendam banjir antara lain:

  1. Swadarma Raya, Jakarta Selatan, setinggi 50 cm.
  2. Soepomo, Jakarta Selatan.
  3. Tendean, Jakarta Selatan, setinggi 30-50 cm
  4. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, setinggi 20-30 cm
  5. Swadaya, Kemayoran, Jakarta Pusat, setinggi 60 cm.
  6. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, 30-40 cm.
  7. Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 30-60 cm.
  8. Pondok Gede, Jakarta Timur, setinggi 30-90 cm.
  9. Mabes Hankam, Jakarta Timur, setinggi 90 cm.
  10. Pemuda, Arion, Jakarta Timur, setinggi 50 cm.
  11. Pluit Raya, Jakarta Utara, setinggi 30-40 cm.

Dan masih banyak lagi titik-titik lainnya seperti kemang, pondok gede, pulo gadung, yang juga terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta.

Informasi Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta terdapat beberapa pintu air yang berstatus siaga antara lain, 2 pintu air yang ditetapkan siaga 1, yaitu Pintu Air Karet dan Pintu Air Angke. Untuk Siaga 2 adalah Pintu Air Manggarai dengan ketinggian 945cm, Sementara Siaga 4 adalah Pintu Air Katulampa dengan ketinggian 60 cm, Krukut Hulu dengan ketinggian 90 cm, dan Cipindang Hulu dengan ketinggian 140 cm.

Baca Juga: Bukti Terkait Keterlibatan Lukman Hakim dalam Kasus Jual Beli Jabatan

Dampak Terendamnnya Banjir

Akibat terendam banjir dibeberapa titik di Jakarta, Sejumlah koridor dan rute Transjakarta dikabarkan tergenang air yang membuat lalu lintas lumpuh. Menyebabkan beberapa koridor dan rute Transjakarta tak melayani penumpang dan pengalihan jalur untuk beberapa rute.

Selain itu Beberapa jalur Kereta Commuter Line  juga terendam banjir yaitu lintasan antara Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Kemayoran, dan Stasiun Sudirman, akibat terendamnya lintasan KRL, maka dilakukan rekayasa pola operasi.

Kebijakan pembatasan ganjil genap diseluruh ruas di Jakarta juga ditiadakan hari ini. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo terkait dengan terendamnya beberapa ruas jalan di DKI Jakarta. Selain itu bagi sepeda motor juga diperbolehkan masuk kedalam jalan Tol, ada 3 tol yang diperobolehkan masuk jalur tol yaitu:

  1. Tol Jagorawi, Gerbang Tol Taman Mini 2 arah Priok dikeluarkan di pintu keluar Off Ramp Kodam Jaya.
  2. Tol Wiyoto Wiyono, Gerbang Tol Kebon Nanas dikeluarkan di Off Ramp Cempaka Putih dan Sebaliknya.

TOl Becakayu, Gerbang Tol Bekasi dan dikeluarkan di Off Ramp Pondok Kelapa.