Info AFC Belum Jelas, Persipura Beri Izin Pemainnya Pulang Kerumah
beritapapua.id - Skuat Persipura saat beruji coba melawan Persita Tangerang, Minggu (13/06/21). (foto : @mediapersipura)

Ketidakpastian AFC dalam menentukan negara mana yang menjadi tuan rumah untuk Grup H Piala AFC sejauh ini belum ada kejelasan. Hal ini juga membuat Persipura Jayapura yang masih menunggu ketidakpastian tersebut memutuskan untuk sementara waktu mengistirahatkan dan memberikan izin para pemainnya untuk pulang kerumah menemui keluarganya. Piala AFC sendiri memang akan terlaksana pada 29 Juni nanti.

Para pemain Persipura yang mendapat izin untuk pulang adalah yang berdomisili di Papua, khususnya Kota Jayapura. Mereka mendapatkan waktu istirahat dan berkumpul bersama keluarganya selama empat hari ke depan.

Pelatih Persipura, Jacksen Tiago memberikan waktu istirahat karena memahami anak asuhnya yang mengalami home sick setelah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jawa Timur selama dua bulan.

“Piala AFC belum ada kepastian, sehingga kami mengizinkan anak-anak melepas rindu bersama keluarganya di Jayapura selama empat hari ke depan,” kata Jacksen, Kamis (24/6/21).

Namun, ia menuturkan hanya pemain asal Jayapura plus kiper Gerri Mandagi yang mendapatkan izin untuk pulang ke rumahnya masing-masing. Sementara, pemain yang berdomisili di Pulau Jawa termasuk pemain asing tetap menjalankan rutinitas latihan seperti biasanya.

Baca Juga : Walau Covid-19 Melanda, Seniman Papua Tetap Berkarya

“Yang diizinkan pulang khusus pemain yang asli Papua dan Gerri Mandagi. Pemain yang lain tetap latihan di Batu, Malang,” jelasnya.

Sebelumnya, Jacksen menuturkan jika ia akan menemui manajemen dan membahas perihal agenda timnya. Opsi memulangkan pemain ke daerah masing-masing juga masuk dalam pertimbangannya.

Pemain Persipura Alami Home Sick

Pasalnya, Jacksen sendiri mengakui jika sejumlah pemainnya mengalami home sick karena terlalu lama berlatih tanpa kepastian turnamen.

“Kami sedang diskusikan itu tentang semua kemungkinan dengan manajemen saat ini. Dalam waktu dekat, kami akan ambil keputusan terbaik untuk semua pihak,” kata Jacksen.

Ketidakjelasan turnamen Piala AFC menyusul pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), Datuk Windsor John, yang mengatakan bahwa pihaknya akan menentukan sikap pada pekan depan perihal status turnamen Piala AFC.

Salah satu opsi terburuk yang nanti AFC bisa lakukan adalah dengan membatalkan Piala AFC. Di mana sampai saat ini belum ada negara lain yang bersedia menggantikan Singapura sebagai tuan rumah.

Sementara itu, manajer Persipura Arvydas Ridwan Madubun mengatakan timnya juga masih menunggu kejelasan dari AFC perihal turnamen Piala AFC. Keputusan terbaik akan diambil oleh pihaknya dalam waktu dekat.

“Kita lihat nanti kalau ada kejelasan info, kita akan ambil langkah yang sesuai kebutuhan tim kita,” ujarnya.