Manfaat Jus Bayam
Manfaat Jus Bayam

Manfaat Mengonsumsi Jus Bayam – Bayam menjadi sayur sejuta umat, bahkan bagi orang yang tidak suka sayur sekali pun. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat dan harganya yang murah. Namun, juga kemudahan dalam mengolahnya.

Selain dapat menjadi makanan yang lezat, kita juga dapat mengolah bayam menjadi jus. Tahukah Anda bahwa bayam kaya zat bermanfaat? Bayam mentah mengandung karoten, asam amino, yodium, zat besi, dan magnesium.

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, C, K, B dan E. Dengan kandungan tersebut, bayam mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh. Dengan demikian, haruskah kita mengonsumsi bayam mentah?

Salah satu cara untuk mendapatkan kebaikan bayam adalah mengonsumsinya mentah. Namun, bukan berarti tidak mengolahnya terlebih dahulu. Jus bayam adalah cara untuk mendapatkan kebaikannya secara maksimal.

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Jus Bayam?

Baca juga: Konsumsi Vitamin Apa yang Cocok saat Masa Pandemi?

1. Mencegah Risiko Kanker

Pertama, bayam mengandung Monogalactosyldiacylglycerol (MGDG) dan Sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) yang berperan sebagai pencegah kanker. Kedua zat tersebut terbukti mampu memperlambat sel pertumbuhan kanker.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan bayam ini mampu mengurangi risiko kanker prostat dan payudara. Bahkan, kandungan ini mampu mengurangi ukuran tumor, lho!

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Kedua, bayam terkenal akan kandungan antioksidannya. Salah satunya adalah asam alfa-lipoat yang baik untuk orang yang memiliki diabetes. Mengapa demikian?

Asam alfa-lipoat mampu menurunkan kadar glukosa. Selain itu, zat ini terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif. Kandungan vitamin E dan C pada asam alfa-lipoat mampu memperbaiki fungsi sel saraf pada penderita diabetes.

3. Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Ketiga, zat yang mampu mengontrol tekanan darah adalah nitrat. Zat tersebut dapat membuka pembuluh darah dan aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, nitrat juga bekerja untuk mengurangi tekanan jantung sehingga tekanan darah turun.

Dunia medis biasanya menggunakan nitrat untuk perawatan penyakit jantung. Zat ini mampu meredakan nyeri dada akibat penyakit jantung atau gangguan arteri. Namun, nitrat tidak mampu menyembuhkan penyakit jantung.

4. Menyehatkan Mata

Baca juga: Demi Penelitian, Orang Jerman Bangun Bandara di Papua

Selain mampu menurunkan kadar glukosa, kandungan antioksidan bayam juga menyehatkan mata. Adapun zat yang mengandung antioksidan tersebut adalah lutein dan zeaxanthin.

Beberapa studi menyebut dua kandungan tersebut dapat mencegah risiko katarak rendah. Terlebih, bayam kaya akan vitamin A. Tahukah Anda? Jus bayam menyediakan 63 persen kebutuhan vitamin A harian manusia.

5. Baik untuk Kulit dan Rambut

Vitamin A juga baik untuk kulit, lho. Bayam terbukti membantu pembentukan sel kulit dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, bayam mengandung vitamin C yang cukup banyak. Sekitar 38 persen kebutuhan vitamin C harian manusia terkandung dalam 240 jus bayam.

Penelitian menyebut vitamin C dapat melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan. Artinya, vitamin ini mampu memperlambat tanda penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu mencegah rambut rontok karena kekurangan zat besi.