Jaga Kesehatan Paru dengan Konsumsi Makanan ini
Ilustrasi sayur-sayuran (foto : istimewa)

Jaga Kesehatan Paru dengan Konsumsi Makanan ini – Menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal yang sangat penting. Tanpa paru-paru yang sehat, maka kita akan kesulitan untuk bernapas. Faktanya, paru-paru adalah salah satu orang vital dalam tubuh manusia yang kita tidak bisa hidup tanpanya.

Untuk itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi krusial. Bayangkan, jika teradapat sedikit kerusakan pada paru-paru saja akan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Misalnya, fibrosis pada paru-paru atau jaringan yang mengeras pada paru.

Hal ini membuat pernapasan terganggu. Akhirnya, kita sulit untuk berolahraga, mudah lelah, bahkan memiliki napas yang pendek. Apalagi, saat ini virus corona mengintai manusia. Tak hanya corona, ada virus TBC yang juga mampu merusak paru-paru kita.

Lantas, apa yang harus kita lakukan? Langkah awal menjaga paru dapat dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut makanan yang mampu menjaga kesehatan paru-paru kita.

1. Makan Ubi: Sumber Karbohidrat Sehat dan Baik untuk Paru-paru

Ubi adalah salah satu makanan yang sangat baik bagi paru-paru. Selain itu, ubi adalah sumber karbohidrat yang baik dan tidak menyebabkan obesitas. Tentu jika mengonsumsinya dengan tidak berlebihan.

Ubi memiliki vitamin A yang baik untuk paru-paru. Vitamin ini berperan dalam mencegah penyakit paru yang berkaitan dengan penumpukan udara dan kerusakan jaringan paru. Ubi mampu menyediakan 200 persen kebutuhan harian vitamin A, lho! Antioksidan yang tinggi mampu mencegah infeksi dalam saluran pencernaan dan kandung kemih.

Selain itu, ubi juga baik untuk kesehatan mata, tulang, dan kulit. Hal ini karena ubi juga mengandung vitamin C.

2. Sayur-mayur Hijau: Makanan dengan Antioksidan Tinggi

Selain ibu, kita perlu mengonsumsi sayur-mayur. Namun, bukan sembarang sayur. Yang terbaik bagi kesehatan paru adalah mereka sayuran hijau. Sayur kaya akan serat, vitamin C, karotenoid, folat, dan juga fitokimia. Zat tersebut bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit paru.

Baca Juga : Berapa Sih Gaji dan Tunjangan PNS?

Salah satu sayur dengan kandungan antioksidan tinggi adalah brokoli. Melansir dari Medicine Net, brokoli mampu memperbaiki kerusakan paru akibat chronic obstructive pulmonary disease. Ini karena kandungan anti oksidan yang tinggi.

3. Teh Hijau: Tak Hanya Segar, namun Juga Sehat

Siapa yang gemar meminum teh? Nah, jangan salah teh punya banyak manfaat. Untuk jenis yang baik bagi paru-paru adalah teh hijau. Ini karena teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). Zat ini mampu meningkatkan antioksidan dan memiliki anti peradangan. Sehingga, kesehatan paru-paru dapat terjaga.

4. Buah Beri dan Apel: Mampu Keluarkan Zat Berbahaya dari Paru

Selanjutnya, buah apel dan beri merupakan makanan yang baik untuk paru-paru. Apel, memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan. Kandungan ini mampu mencegah perkembangan sel kanker pada paru.

Kemudian, beri dengan kandungan karotenoid, lutein, dan zeaxanthin. Zat ini terbukti mampu mengeluarkan zat beracun pada paru. Adapun yang termasuk dalam beri adalah blueberry, strawberry, raspberry, serta blackberry.