Jaga Kesehatan Paru-Paru
Jaga Kesehatan Paru-Paru

Jaga Kesehatan Paru-Paru – Jika mengamati berita, maka kita akan tahu betapa berbahayanya virus corona. Baik sebelum maupun sesudah, virus ini benar-benar merusak paru-paru. Bayangkan, Covid-19 dapat menyebabkan fibrosis, atau jaringan paru yang mengeras dan rusak bahkan setelah sudah sembuh.

Tak hanya corona yang mengintai. Pertama, polusi udara yang mengancam kesehatan paru kita setiap hari. Kedua, virus lainnya seperti TBC yang juga membayangi masyarakat dunia. Ketiga, alergi dan iritasi pada paru akibat debu atau partikel lainnya.

Untuk itu, penting bagi kita menjaga kesehatan paru-paru kita. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan yang bervitamin.

Berikut 3 vitamin yang cocok untuk menjaga kesehatan paru-paru kita:

Baca juga: Selain PON, Papua Siap Gelar Pekan Paralimpiade Nasional

1. Vitamin A

Pertama, vitamin A yang memiliki nutrisi penting bagi paru-paru. Vitamin ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu regenerasi sel dalam tubuh. Sederhananya, vitamin A dapat memperbaiki paru-paru secara alami.

Vitamin ini secara alami terkandung pada buah dan sayur. Misalnya, pada buah mangga, pepaya, jeruk, semangka, dan jambu. Dan pada sayur terdapat pada wortel, bayam dan selada air.

Tubuh biasanya menggunakan vitamin A dalam jumlah sedikit. Oleh karenanya, jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, ya! Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi zat ini justru menyebabkan masalah pada hati dan tulang.

2. Vitamin C

Kedua, vitamin C yang terkenal sebagai penangkal rokok. Hal ini karena vitamin C mampu mencegah paru-paru Anda terkena penyakit kronis. Zat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan bekerja sebagai radikal bebas.

Sebab itu, vitamin C dapat menangkal racun pada paru-paru, termasuk racun dari rokok. Kita dapat mengonsumsi vitamin C melalui buah kiwi, jambu biji, pepaya, jeruk dan stoberi. Untuk sayur, vitamin C terdapat pada bayam, paprika, brokoli dan cabai.

3. Vitamin D

Ketiga adalah vitamin D. Selain baik untuk kesehatan tulang, vitamin D ternyata juga baik untuk kesehatan paru. Dalam sebuah penelitian, vitamin D terbukti mampu mengurangi risiko penyakit bronkitis, asma, dan jenis permasalahan pernapasan lainnya.

Berbeda dengan vitamin lainnya, kita dapat memperoleh zat ini tanpa mengonsumsi apa-apa, lho. Karena sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Jadi, kita dapat meluangkan waktu untuk berjemur demi mendapatkan vitamin D.

Namun, vitamin D juga terkandung dalam sejumlah makanan. Misalnya, tuna, salmon, sarden, dan kuning telur.