Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rutin Berjemur Matahari
Ilsutrasi berjemur matahari pagi hari (foto : kompas.com)

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rutin Berjemur Matahari – Tahukah Anda bahwa sinar matahari pagi adalah sumber utama vitamin D? Ketika matahari menyentuh kulit secara langsung, maka tubuh akan memproduksi vitamin D. Ini sebabnya mengapa penting bagi kita untuk berjemur.

Namun, tidak semua waktu kita dapat berjemur. Selain itu, jangan juga terlalu sering berjemur. Mengutip dari alodokter, waktu yang tepat untuk berjemur adalah sebelum jam 10 pagi. Kemudian, cukup meluangkan waktu 15 menit saja untuk tubuh terpapar sinar matahari.

Cukup melakukan aktivitas ini 2 hingga 3 kali seminggu. Maka, tubuh Anda mampu memproduksi vitamin D yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hindari berjemur pada antara jam 10:00 hingga jam 16:00.

Matahari pada jam tersebut justru berbahaya bagi tubuh dan kulit. Pasalnya, sinar matahari pada waktu tertentu akan menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, mampu mengakibatkan kanker kulit.

Untuk itu, gunakan topi dan celana panjang jika hendak keluar siang hari, ya. Sebelum itu, mari kita simak manfaat berjemur bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah dari Berbagai Penyakit

Vitamin D dapat mencegah sejumlah penyakit, bahkan penyakit berbahaya. Antara lain tuberkulosis, gangguan pernapasan, radang sendi, penyakit tulang diabetes tipe 1 dan penyakit jantung.

Baca Juga : Seks Bukan Hanya Persolan Konsen Saja

Bahkan, beberapa sumber menyebut vitamin D juga dapat mencegah virus corona meski masih butuh penelitian lebih lanjut. Selain itu, vitamin D juga baik untuk kesehatan kulit.

2. Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Sinar matahari tak hanya membantu tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar UV pagi mampu membantu produksi melatonin yang berfungsi yang membantu siklus tidur Anda.

Hormon ini yang bertanggung jawab atas kualitas tidur Anda. Sayangnya, semakin umur bertambah, maka semakin menurun kemampuan hormon ini menjaga jam tidur Anda. Untuk itu, mereka yang gemar olahraga dan terkena sinar matahari pagi cenderung memiliki tidur yang berkualitas.

3. Mampu Membuat Tubuh Bersemangat

Mengutip healthline, paparan sinar matahari ke tubuh juga membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon ini bekerja sebagai neurotransmitter atau penghantar sinyal yang memengaruhi suasana hati. Artinya, berjemur pagi hari dapat memengaruhi mood seseorang.

Selain itu, serotonin juga bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh. Antara lain membantu sistem pencernaan, proses pembekuan darah, pembentukan tulang, bahkan fungsi seksual.