Jelang 1 Desember Polisi Perketat Keamanan di Area PT Freeport
beritapapua.id - Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata foto bersama sejumlah perwira yang mendapatkan promosi jabatan baru. (foto: Antara)

Jelang 1 Desember Polisi memperketat pengamanan area objek vital nasional PT Freeport Indonesia di wilayah Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Hal ini merupakan langkah polisi sebagai antisipasi untuk mencegah terjadi gangguan keamanan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjelang 1 Desember 2021.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, jajarannya akan terus membangun koordinasi dengan satuan tugas terkait lainnya. Dengan tetap melakukan koordinasi tersebut akan bisa mendeteksi awal potensi gangguan keamanan jelang HUT OPM tersebut.

“Menjelang 1 Desember tentu kami akan memperketat lagi penjagaan berkoordinasi dengan Satgas Nemangkawi dan satgas yang lain untuk mendeteksi pergerakan kelompok bersenjata,” ujar Era Adhinata, Senin (15/11/2021).

Situasi Kondusif

Menurutnya saat ini, wilayah Tembagapura dan sekitarnya masih cukup kondusif dari gangguan KKB.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sangat siap jika memang terjadi gangguan di wilayah tersebut. Terkait dengan bunyi semacam letusan senjata api di area jalan tambang Freeport menuju Tembagapura, Kapolres menegaskan hal itu bukan merupakan teror penembakan oleh KKB.

Baca Juga: Tuan Rumah Papua Jadi Juara Umum Peparnas XVI

“Selama ini tidak pernah ada gangguan sama sekali di wilayah Tembagapura. Kami terus mengantisipasi, jika terjadi gangguan kami sudah siap. Kalau bunyi-bunyi itu bukan dari senjata api, mungkin dari sampah yang meledak atau sebab lain,” katanya.

Ia menambahkan jika bunyi tersebut merupakan letusan senjata api, maka akan ada pihak yang mengakui dan menyebarkannya di media sosial.

“Kalaupun ada letusan senjata api, pasti kelompok mereka sudah mengakui itu dan mengekspose ke media massa,” tambahnya.

Kapolres juga sebelumnya memimpin upacara mutasi jabatan sejumlah perwira di lingkungan Polres Mimika. Para pejabat yang dimutasi itu terdiri atas AKP Pillomina Ida Way Mramra dari jabatan lama sebagai Kabag SDM Polres Mimika dipromosikan menjadi Kasat Lantas Polresta Jayapura. Posisi yang ditinggalkan AKP Ida Way ditempati AKP Sudirman, sebelumnya bertugas di Polda Papua.

Selanjutnya AKP Ahmad Dahlan mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolsek Tembagapura menggantikan AKP Menase Sayori. Adapun AKP Menase Sayori menduduki jabatan lama yang ditempati AKP Ahman Dahlan yaitu sebagai Padalops Bag Ops Polres Mimika.