Jelang Imlek, Pemerintah Malaysia Kerahkan Ribuan Petugas
beritapapua.id - Pemasangan lampu lampion menyambut Tahun Baru Imlek di Kuala Lumpur. (Foto: Antara)

Negara Malaysia memberlakukan aturan Covid-19 dengan Mengerahkan 2.532 petugas menjelang hari raya Imlek. Hari Selasa, 1 Februari 2022 merupakan hari raya Imlek dan Negara Malaysia mengerahkan tim beranggotakan 2.532 orang untuk memastikan warga mematuhi aturan pencegahan Covid-19.

Berdasarkan pemberitahuan dari Direktur Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Ketertiban Umum Malaysia, Bapak Hazani Ghazali yaitu

“Tim ini akan dikerahkan untuk meningkatkan operasi kepatuhan selama periode perayaan itu. Kami ingin memastikan peraturan dipatuhi dan bahwa lebih dari 8.000 personel kepolisian dan petugas lainnya juga akan bekerja sama untuk memastikan warga mematuhi aturan pencegahan Covid-19 selama Imlek”.

Negara Malaysia telah melonggarkan berbagai aturan yang membuat seluruh keluarga masyarakat Negara Malaysia dapat berkumpul dan merayakan hari raya Imlek. Namun, Negara Malaysia tetap mewajibkan kepada seluruh masyarakat nya untuk tetap melakukan aturan Covid-19 yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Aplikasi Kencan Gay China Dihapus dari Toko Aplikasi Apple

Salah satu aturan yang wajib dilakukan yaitu bagi seluruh pemilik rumah tidak boleh melakukan perkumpulan keluarga dan teman-teman dalam satu waktu. Meskipun pemerintah tidak memberikan batasan untuk jumlah orang nya.

Seluruh masyarakat yang mengalami gejala Coronavirus dianjurkan untuk tetap di dalam ruangan. Bagi yang ingin melakukan perjalanan untuk berkumpul bersama keluarga juga diharapkan melakukan tes Covid-19 mandiri sebelum berangkat.

Sebabnya adalah kasus Covid-19 di Malaysia sedang kembali melonjak akibat kemunculan varian Omicron. Meski demikian, lonjakan kali ini tak setinggi ketika gelombang Covid-19 menerjang pada Agustus 2021.