Jelang Pembukaan, Api Peparnas XVI Siap Diarak
beritapapua.id - Ketua harian PB Peparnas XVI Papua bersama Sekda Kota Jayapura saat menunjukkan obor api Peparnas XVI. (foto: jubi)

Jelang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua, yang hanya tinggal menghitungan hari Api Peparnas pun akan memulai perjalanannya. Perjalanan Api Peparnas XVI akan mulai dari Genyem pada 2 November mendatang.

Api Peparnas tersebut merupakan hasil dari sumber api alami di Kaetimun, Distrik Nimboran, suku Namblong, Genyem, Kabupaten Jayapura, Papua.

Api tersebut akan mengawali perjalanan dari Genyem tanggal 2 November dan akan melewati rute arak-arakan dari Kabupaten Jayapura. Setelah itu akan berlanjut ke Kota Jayapura pada 3 November. Kemudian Api Perparnas ini juga akan menyinggahi Gedung Negara pada 4 November. Dan perjalanan Api Perparnas akan berakhir di Stadion Mandala pada 5 November sekaligus upacara pembukaan atau opening ceremony Peparnas XVI.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan api Peparnas yang mengawali perjalanan mulai 2 November itu akan diarak oleh sejumlah atlet penyandang disabilitas.

“Tanggal 2 November itu api akan diambil dari Genyem dan api Peparnas itu akan diarak oleh para atlet disabilitas melewati rute yang sudah diagendakan hingga berakhir nanti di Stadion Mandala,” ujarnya.

Melewati Dua Zona Penyelenggara

Api Peparnas tersebut akan melewati Kabupaten dan Kota Jayapura yang menjadi dua zona penyelenggaraan Peparnas XVI. Perjalanan Api Peparnas ini akan berakhir di Gedung Negara dan di Stadion Mandala pada tanggal 5 November saat upacara pembukaan.

“Setelah diambil dari Genyem pada tanggal 2 dan melewati Kabupaten Jayapura, nanti tanggal 3 November akan diarak ke Kota Jayapura lalu besoknya akan singgah di Gedung Negara dan akan finis di Stadion Mandala pada tanggal 5 November saat upacara pembukaan,” jelasnya.

Baca Juga: Cabang Olahraga Renang NPC Papua Selesai Lakukan Test Event

Ia menambahkan, PB Peparnas XVI sudah melakukan rapat koordinasi dengan semua bidang sinergitas dengan seluruh panitia juga Event Organizer (EO). Hal ini guna untuk memantapkan persiapan menjelang perjalanan api Peparnas dan upacara pembukaan yang hanya tinggal menghitung hari.

“Kita sudah menggelar rakor dan rapat sinergitas dengan bidang-bidang termasuk panitia dan EO untuk membahas bagaimana kita mempersiapkan semuanya dengan lebih mantap lagi, mulai dari perjalanan api Peparnas, pembukaan, pelaksanaan pertandingan hingga penutupan,” pungkasnya.

Sebelum memulai perjalanan api Peparnas, Panitia Besar akan menggelar test event renang dan atletik selama dua hari. Test event ini akan berlangsung pada tanggal 29 – 30 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe dan Venue Akuatik.

Ketua Bidang Pertandingan Peparnas XVI Papua, Slamet Widodo mengatakan, dua cabang olahraga (cabor) tersebut akan mewakili test event cabor-cabor lainnya.

“Kalau dua cabor itu lancar kemungkinan semua lancar, kemudian cabor-cabor ini memiliki peralatan yang rumit seperti timing system,” kata Slamet.