Jelang Pembukaan PON XX, Bupati Jayapura Berpesan Jaga Keamanan
beritapapua.id - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. (foto: Tempo)

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tinggal menghitung hari jelang acara pembukaan. Acara pembukaan PON XX akan bertempat di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Untuk itu Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menegaskan kepada semua pihak agar tetap menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Ia juga meminta agar tidak membuat kegaduhan di muka umum atau di tempat-tempat penyelenggaraan PON XX.

“Tidak boleh ada yang bikin gerakan tambahan lagi, demo, dan ribut-ribut di depan umum. Pihak keamanan harus bertindak tegas sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku,” tegas Bupati Awoitauw di Sentani, Selasa ( 28/9/2021).

Ia mengatakan sebagai tuan rumah Papua harus bisa bersikap ramah dan menyambut tamu yang datang dengan baik.

Mensukseskan PON XX

Menurutnya, semua komponen masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, secara khusus di Sentani sudah menyatakan sikap dan sepakat untuk menjaga kamtibmas, dan siap mensukseskan penyelenggaraan PON XX di Kabupaten jayapura.

Baca Juga: Bank Indonesia Fasilitasi Penggunaan QRIS bagi Kontingen PON XX PB

“Kalau tokoh adat sudah siap untuk sukseskan penyelenggaraan event nasional ini, maka yang di bawah-bawah sebagai masyarakat harus ikut dengan pemimpinnya. Jangan bikin gerakan tambahan lagi, pihak keamanan sudah kami perintahkan untuk mengamankan dan menindak langsung sesuai prosedur hukum, apabila ada yang coba-coba mengganggu semua proses persiapan maupun pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

Untuk itu, ia meminta kesadaran semua masyarakat, stakeholder, dan komponen kerukunan masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura, termasuk tokoh agama, perempuan, pemuda, dan tokoh masyarakat.

“Setiap hari menjelang pembukaan PON XX ada tamu yang datang ke tempat ini. Keamanan, ketertiban serta kenyamanan sudah menjadi tanggung jawab bersama yang harus dijaga. Tunjukkan kepada dunia luar bahwa kita juga mampu menyelenggarakan event nasional ini,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat adat di sentani, Origenes Kaway mengatakan semua masyarakat adat di bawah naungan Dewan Adat Suku ( DAS) Sentani, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan PON XX di Kabupaten Jayapura.

“Suatu kebanggaan bagi seluruh masyarakat adat, bahwa event sekelas PON XX ini bisa terjadi dan berlangsung di tanah kami. Tamu-tamu dari seluruh Indonesia sudah datang, saatnya kita melayani mereka,” katanya.