Jelang Peparnas XVI, PHRI Papua Siap Fasilitasi Atlet dan Official
beritapapua.id - Ketua Umum BPD PHRI Papua, Syahrir Hasan. (foto: Kabaarpapua)

Menjelang perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Papua telah menyatakan kesiapan mereka dalam memfasilitasi atlet dan official.

PHRI Papua menyebut bahwa saat ini ketersediaan hotel-hotel di Kota dan Kabupaten Jayapura sudah memenuhi strandar ramah difabel.

Ketua PHRI Papua, Syahrir Hasan mengatakan, pada event Peparnas ini khususnya bagi para atlet dan ofisial semuanya akan menggunakan hotel. Dan ketersediaan hotel untuk menampung para kontingen di Jayapura sudah mencukupi.

“Kita sebelumnya sudah MoU dengan Ketua Harian Peparnas bahwa semua hotel yang untuk dipakai menyiapkan penambahan kebutuhan aksesoris dalam memudahkan para atlet untuk masuk ke dalam hotel. Baik itu dari lobi, restoran, sampai masuk di kamar semua diberikan kemudahan-kemudahan dengan penambahan aksesoris yang sesuai dengan kebutuhannya dengan kursi roda dan menggunakan tongkat,” jelasnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Siapkan Kebutuhan Ramah Difabel

Menurutnya, seluruh hotel di Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan menjadi tempat penginapan kontingen Peparnas XVI sudah menyiapkan kebutuhan yang berkaitan dengan ramah difabel. Hal ini terlihat dari banyaknya hotel yang sudah menyediakan ram untuk jalur masuk atlet yang menggunakan kursi roda.

“Rata-rata semua dari pihak hotel sudah menyiapkan sesuai dengan kesepakatan kami dengan pengurus Peparnas. Harapan kami juga bahwa Peparnas ini mudah-mudahan dengan planning yang baik dari pihak hotel yang ada di Jayapura dengan panitia bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Mudah-mudahan Peparnas ke depan ini nanti berhasilnya sama dengan PON XX 2021,” ujarnya.

Baca Juga: MRP dan DPR Papua Berencana Tetapkan 30 Oktober Jadi Hari Budaya

Ia menambahkan, sampai saat ini semua hotel yang tersedia tidak mengalami kendala terkait kesiapan jelang Peparnas XVI. Semua pihak hotel juga sejauh ini sudah siap untuk menyambut para tamu yang akan terlibat pada event Peparnas XVI.

“Untuk sampai saat ini dari para atlet dan ofisial tidak ada masalah dari jumlah kesediaan hotel yang ada. Semua maksimal dan memenuhi. Hampir semua hotel berbintang, ada 17 hotel berbintang yang terpakai. Kekurangannya itu yang dipakai oleh hotel-hotel melati. Tapi hotel melati yang sudah dirancang khusus bisa digunakan oleh disabilitas,” katanya.

Ketua Harian PB Peparnas Papua, Doren Wakerkwa menyebutkan bahwa persiapan semua bidang sudah sangat matang. Dan semua pihak sudah sangat siap untuk menyambut dan mensukseskan Peparnas XVI.

“Seluruh bidang sudah melakukan rapat koordinasi dan semuanya sudah siap untuk mensukseskan Peparnas XVI,” kata Doren.