Jelang Play OFF AFC Persipura Lakukan Uji Tanding Dengan Bali United
Pelatih Persipura Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada para pemainnya pada sesi latihan perdana di Lapangan Mahacandra Uncen (foto : istimewa)

Tim Persipura Jayapura-Papua tengah mempersiapkan skuad mereka menuju babak play off Piala AFC, 19 Mei mendatang. Mereka bakal menjajal Bali United dalam laga uji coba di Surabaya.

Tim berjuluk Mutiara Hitam kebanggaan masyarakat Papua, kini telah berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Keberangkatan mereka di Kota Pahlawan itu untuk mematangkan kesiapan pasukan Jacksen Tiago.

Rencananya laga uji coba kontra Bali United terlaksana sebanyak dua kali di Surabaya pada tanggal 27 dan 28 April nanti.

Jacksen mengatakan setelah menggelar pemusatan latihan di Jayapura, saat ini timnya perlu melakukan uji coba dengan tim-tim yang selevel. Hal itu menurutnya untuk mengukur kesiapan timnya sebelum tampil di babak play off Piala AFC.

Juru taktik berkebangsaan Brasil ini mengklaim timnya sudah menunjukkan progres yang signifikan berdasarkan hasil latihan.

“Menurut saya, sejauh ini tim kita sudah cukup efektif dan perkembangan kita sudah sangat signifikan. Hasil latihan kita sangat positif sekali semoga bisa mendapatkan hasil maksimal,” kata Jacksen.

Jaksen sendiri tak mau membocorkan di mana laga uji coba kontra Bali United akan melakukan pertandingan. Hal itu lantaran, agar mengantisipasi kerumunan banyak orang saat masih masa pandemi covid-19.

“Berkaitan dengan izin keramaian di masa pandemi, nanti lawan Bali United tanggal 27 dan 28 April, tempat pertandingannya kita tidak beritahukan,” terang Jacksen.

Manajer Persipura : Membawa 28 Pemain ke Surabaya

Sementara itu, manajer tim Arvydas Ridwan Madubun yang akrab disapa Bento, mengatakan keberangkatan skuad Persipura ke Surabaya membawa 28 pemain.

Dari Surabaya, tim kebanggaan masyarakat Papua itu rencananya akan bertolak ke Kota Apel, Malang, untuk menggelar pemusatan latihan sebelum kembali ke Kota Jayapura. Persipura akan berada di Jawa Timur hingga tanggal 10 Mei.

Baca Juga : Ia, Binatang Jalang yang Geram dari Karawang

“Pemain yang kita boyong ke Surabaya ada 28 orang, termasuk dua pemain magang, Gustavo Suebu dan Yosua Isir, juga ikut. Nanti setelah tim balik ke Jayapura, satu pemain magang, Arjuna, akan bergabung lagi. Kita sampai tanggal 10 Mei di sana,” kata Bento.

Bento menjelaskan keberangkatan yang lebih cepat ke Surabaya karena timnya sudah mendapatkan tawaran beruji coba dengan Bali United.

“Kita berangkat lebih cepat karena sudah ada planning uji coba dengan Bali United. Kalau memang dimungkinkan, kita mau dilakukan dua kali ujicoba dengan Bali. Kita akan lihat situasinya, kalau bisa di Kota Batu, Malang, atau Surabaya,” kata Bento.

Selain Bali United, Boaz dan kolega kabarnya juga akan menjajal kekuatan Arema Malang dan tim-tim Liga 1 dari Jawa Timur seperti Persela Lamongan dan Persik Kediri.

Jacksen memang meminta timnya lebih banyak berujicoba, karena selain untuk mengukur kesiapan skuad-nya, juga perlu menambah jam terbang. Hal ini karena mengingat Persipura sudah setahun lebih vakum di pertandingan resmi akibat pandemi covid-19.