Jelang PON, KONI Papua Dukung Tim Billiard Ikuti Turnamen di Jawa
beritapapua.id - tim billiard Papua (foto : istimewa)

Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua tetap memberikan dukungan kepada tim biliar. Bentuk dukungan dari KONI sendiri adalah dengan memberikan jalan kepada tim biliar untuk mengikuti turnamen yang ada di Pulau Jawa. Hal tersebut juga sebagai ajang pemanasan menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Tanah Papua, Oktober mendatang.

Wakil Ketua Binpres KONI Papua, Saharudin Ita mengatakan pihaknya tetap memberikan dukungan moril dan mempersilakan tim biliar Papua untuk mengikuti turnamen dan try out untuk mematangkan persiapan.

Menurutnya, sebagai salah satu cabang olahraga akurasi, sudah sepatutnya tim biliar membutuhkan banyak uji coba dan mengikuti turnamen. Pasalnya, sisa waktu perhelatan PON XX sudah semakin sempit.

“Tidak hanya biliar saja, dari sisi pembinaan prestasi, kita tetap memberikan dukungan untuk cabor-cabor yang hendak mengikuti turnamen maupun uji coba di luar daerah. Itu sudah wajib untuk mengukur kesiapan mereka menjelang PON yang hanya tinggal hitungan hari saja,” kata Saharudin beberapa hari lalu.

Pihaknya tak pernah menghambat para cabor yang akan menjalani try out maupun mengikuti turnamen di luar daerah. Terlebih untuk cabor biliar yang akan memperebutkan 20 medali emas pada PON XX Oktober nanti.

KONI Papua : Proses Mencapai Prestasi Membutuhkan Suntikan Dana

Hanya saja ia mengakui, proses untuk mencapai prestasi membutuhkan suntikan dana agar bisa menjalankan program dengan baik.

“Kita selalu terbuka dalam memberikan dukungan kepada setiap cabor. Hanya saja untuk mencapai prestasi itu memang membutuhkan dana. Kalau tidak ada dana itu kecil kemungkinan terwujud. Tapi kalau bicara soal anggaran atau dana itu bukan ranah saya,” jelasnya.

Baca Juga : Buruh Mogok Kerja, DPRD Mimika Dukung Keputusan Komisi VII DPR RI

Sementara itu, Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Biliar se-Indonesia (POBSI) Papua plus pelatih kepala tim biliar Papua, Agus Fakaubun juga mengakui, sejauh ini timnya terus mendapatkan dukungan dari pihak KONI Papua selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Pulau Jawa.

Agus sendiri menyatakan ada beberapa turname yang timnya iikuti di Pulau Jawa, timnya tidak mendapatkan suntikan dana untuk biaya pendaftaran. Dan mereka menggunakan dana pribadi atau anggaran sendiri untuk bisa mengikuti turnamen-turnamen.

“Hanya di beberapa turnamen saja yang kita pakai biaya sendiri. Kita dibiayai hanya di sejumlah turnamen saja. Bukan semuanya tidak biayai. Sampai saat ini kita masih tetap dibiayai oleh KONI Papua dan mereka masih memperhatikan kita. Termasuk kita latihan, sewa meja dan catering kita ditanggung oleh KONI Papua,” ungkapnya.