Jelang PON, Pemkot Jayapura Optimis Jumlah Vaksinasi Mencapai 80%
beritapapua.id - Warga saat mengikuti rapid test antigen dalam operasi yustisi protokol kesehatan yang dilakukan Pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura. (foto: jubi)

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua kini hanya menghitung hari lagi sampai hari pembukaan. Untuk itu Pemerintah Kota Jayapura terus gencar menggiatkan vaksinasi jelang PON.

Hal ini juga sebagai bentuk antispasi penambahan klaster baru di perhelatan PON, akibat pandemi Covid-19 masih ada. Dan langkah terbaik saat ini adalah terus menggelar kegiatan vaksinasi kepada warga.

Pemerintah Kota Jayapura saat ini juga optimis cakupan vaksinasi di wilayah tersebut akan sampai di angka 80 persen jelang pelaksanaan PON.

“Saya optimis pada Oktober realisasi vaksinasi kita sudah mencapai 80 persen,” ujar Tomi Mano, Rabu (15/9/2021).

Menurut Tomi Mano, target itu bisa terealisasi berkat gebyar vaksin baik melalui vaksinasi massal maupun vaksinasi dari TNI, Polri, BUMN, BUMD, vaksinasi di puskesmas, dan rumah sakit.

“Kepada rakyatku yang belum divaksin, marilah kita vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh kita supaya terhindar dari Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Tomi Mano menambahkan agar tetap mematuhi imbauan pemerintah dan protokol kesehatan di masa pandemi. Karena dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu bisa mempercepat memutus penyebaran Covid-19 wilayah tersebut.

Ia juga mengimbau agar semua masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan di pandemi seperti saat ini dengan tetap rajin berolahraga.

Baca Juga: Akibat Serangan KKB, 2 Nakes Jatuh ke Jurang di Pegunungan Bintang

“Tetap pakai masker, jaga jarak, kurangi aktivitas fisik di luar rumah, menjauhi kerumunan, menjaga kesehatan, rajin berolahraga, dan mencuci tangan pakai sabun baik sebelum dan sesudah beraktivitas,” ujar Tomi Mano.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan target untuk vaksinasi sebanyak 231.863 warga usia 12 tahun ke atas.

“Sasaran vaksinasi SDM kesehatan sebanyak 3.464 orang, lansia (lanjut usia) sebanyak 18.189 orang, pelayanan publik 17.840 orang, masyarakat rentan dan umum sebanyak 160.957 orang, dan remaja atau anak-anak ada 31.413 orang,” ujar Antari.

Antari berharap capaian vaksinasi pada Oktober 2021 mencapai 80 persen agar aktivitas terutama pelaksanaan PON XX 2021 Papua berjalan dengan aman. Selain itu, ia berharap dengan banyak orang yang telah menjalani vaksinasi tidak akan menyebabkan klaster baru penyebaran Covid-19 di PON.