Jelang PON XX, Bupati Jayapura Tegaskan Warga Untuk Vaksinasi
beritapapua.id - Masyarakat yang sedang mengikuti vaksinasi massal (foto : jubi)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menegaskan bahwa semua warga wajib melakukan vaksinasi menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Dan secara khusus di Kabupaten Jayapura sebagai klaster penyelenggara.

Bupati Jayapura, Mathius mengatakan untuk semua atlet, official, dan tamu-tamu yang hadir di Papua harus wajib mengikuti proses vaksinasi di daerah masing-masing. Dan yang terpenting juga adalah tamu-tamu yang hadir harus dalam kondisi sehat.

“Masyarakat di sini harus dipastikan dalam kondisi sehat dan aman dari penyebaran Covid-19, sehingga satu cara terbaik adalah divaksinasi,” ujar Bupati Awoitauw.

Mathius juga mengakui adanya peningkatan penyebaran Covid-19 di beberapa wilayah perkotaan di Kabupaten Jayapura. Untuk itu Satgas Covid-19 wilayah Kabupaten Jayapura harus bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik-baiknya.

“Dari total seribu lebih pasien, dan yang sembuh juga mencapai seribu orang. Oleh sebab itu, semua masyarakat tidak boleh terpengaruh dengan informasi yang sesat terkait pelaksanaan vaksinasi di daerah ini,” jelasnya.

Bupati Jayapura : Banyak Negara Yang Menjadi Korban

Ia mengatakan bahwa saat ini dunia sedang tidak berdaya melawan pandemi Covid-19. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya negara luar yang terkena dampak dari Covid-19. Tidak hanya itu bahkan ribuan hingga jutaan manusia telah menjadi korban keganasannya (Covid-19).

Oleh sebab itu, ia mengajak agar semua masyarakat yang berada di kampung-kampung di Kabupaten Jayapura agar mau lakukan vaksinasi. Dan ia juga berharap agar kepala suku, ondofolo, kepala kampung dan tokoh masyarakat di setiap kampung harus mendukung dan mengajak masyarakatnya untuk divaksin.

Baca Juga : Sekda Papua Tegaskan Akan Tetap Melaksanakan Tugasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi massal di berbagai tempat. Hal ini dalam upaya agar dapat menekan penyebaran Covid-19. Selain melakukan vaksinasi, tim satuan tugas juga terus melakukan pengawasan dalam setiap aktivitas masyarakat yang sifatnya terkait keramaian dan melibatkan banyak orang.

“Hasil giat vaksinasi yang dilakukan pada akhir pekan kemarin di Polres Jayapura sebanyak 230 orang, Polsek Sentani Timur 155 orang, Polsek Sentani Kota 488 orang, Polsek Sentani Barat 47 orang, total keseluruhan mencapai 920. Giat yang sama akan dilakukan lagi di halaman Gereja Katolik Sentani dengan target 1.000 dosis yang akan digunakan,” katanya.