Jelang PON XX, KONI Papua Berharap Pandemi Cepat Mereda
beritapapua.id - Suasana peresmian venue PON XX Papua. (Arsip papua.go.id)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua berharap situasi pandemi Covid-19 di Indonesia bisa cepatmereda. Lantaran pelaksanaan PON XX kian dekat yaitu pada, Oktober mendatang, agar bisa untuk dihadiri oleh penonton.

Pasalnya, kata Kenius, kehadiran penonton akan sangat berdampak pada penampilan atlet Papua yang akan bertanding di rumah sendiri.

“Kita akan sangat dirugikan jika pertandingan tanpa penonton, karena salah satu yang bisa membuat atlet bisa menang ialah penonton. Mereka bisa membangkitkan semangat yang lebih kepada atlet yang bertanding,” kata Kenius, Kamis (29/7/21).

Untuk itu, Kenius meminta dukungan dari masyarakat Papua untuk ikut mendoakan agar situasi pandemi Covid-19 cepat berlalu.

“Di sisa waktu yang ada ini kami minta dukungan doa dari masyarakat Papua agar (pandemi) Covid-19 di Papua bisa rendah atau bisa berkurang bahkan bisa hilang. Karena masyarakat ingin menikmati iven yang bergengsi di republik ini,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta dan mengajak masyarakat bekerjasama dengan menaati protokol kesehatan ketat. Dengan bekersama menaati protokol kesehatan tersebut bisa membantu mengurangi ataupun mencegah penularan Covid-19.

“Kita berharap masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan yang benar, dan mengikuti imbauan dari pemerintah yang dapat merugikan diri sendiri. Mari kita semua saling menjaga, saling baku jaga,” imbaunya.

Segala upaya juga terus Panitia Besar (PB) PON Papua lakukan di waktu yang tersisa. Agar nantinya penyelenggaraan PON XX bisa berjalan dengan sukses. Termasuk meyakinkan pemerintah pusat bahwa pelaksanaan PON XX nantinya bisa menghadirkan penonton.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, mengatakan sejauh ini pihaknya masih menyiapkan iven PON XX secara normal. Namun, pihaknya tetap mengacu pada aturan yang berlaku tentang penanganan pencegahan Covid-19 atau protokol kesehatan ketat.

“Kami sampai saat ini masih menyiapkan seluruhnya dalam kondisi normal. Kita juga akan terus berupaya dengan menggenjot vaksinasi menjelang PON XX,” ujar Wonda, belum lama ini.

Menggelaran PON XX Dengan Adanya Penonton

Ia juga berharap PON XX nantinya bisa mendapatkan pengecualian dari pemerintah pusat bisa menggelar PON XX dengan adanya penonton.

Baca Juga : Ratusan Pasien Covid-19 Kota Sorong Dirawat di Rumah Sakit

Ketua Tim Pengawas dan Pengarah (Wasrah) PON XX Papua yang juga selaku Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Suwarno, mengatakan semua yang terlibat dalam penyelangggaraan PON XX wajib menjalani vaksinasi seperti semua atlet, official, pengurus daerah KONI, dan masyarakat sekitar venue.

“Keputusan ada tidaknya penonton sangat bergantung bagaimana kebijakan dalam menangani Covid-19. Apabila nantinya digelar tanpa penonton atau dibatasi, maka peluang melakukan pemasaran melalui penyiaran ini sangat terbuka. Kita melihat bagaimana pelaksanaan di forum internasional seperti basket, sepakbola, dan lain sebagainya tetap digelar tanpa penonton tetapi sponsorship tetap luar biasa. Karena ditutup semua dengan space promosi. sehingga tak perlu khawatir,” ujar Suwarno.