Jelang PON XX Pemkot Jayapura Lakukan Kegiatan Memperindah Kota
beritapapua.id - Pemerintah Kota Jayapura saat menyerahkan bahan dan alat kerja secara simbolis kepada pekerja. (foto: jubi)

Pemerintah Kota Jayapura melakukan upaya untuk memperindah kota melalui kegiatan padat karya tahap kedua. Hal ini adalah dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 Papua.

Kegiatan tersebut juga akan melibatkan warga yang ada di Kota Jayapura untuk ikut dalam kegiatan tersebut.

“Pembersihan sekaligus pengecatan saluran got, jembatan, talud, trotoar, dan median jalan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, usai menyerahkan bahan dan alat kerja secara simbolis kepada pekerja di PTC Entrop, Kota Jayapura, Selasa (14/9/2021).

Menurut Naa, seharusnya kegiatan padat karya tahap kedua tersebut terlaksana saat menjelang Natal dan Tahun Baru. Namun pelaksanaanya berganti karena bertepatan agar memberikan rasa nyaman kepada setiap pengunjung baik penonton, atlet, dan ofisial yang akan terlibat dalam perhelatan Papua XX Papua.

“Sebanyak 300 orang kami libatkan yang memiliki KTP Kota Jayapura. Kami bagi menjadi 30 kelompok, satu kelompok 10 orang. Mereka kerja selama enam hari, mulai dari batas kota hingga simpang lima Dok II Jayapura,” ujar Naa.

Naa berharap masing-masing kelompok pekerja padat karya tersebut melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan ia juga menegaskan saat pelaksanaan kegiatan itu tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Satu kelompok kami beri upah Rp7,5 juta. Ini merupakan perhatian dari perintah daerah untuk meringankan beban perekonomian warga terutama yang belum memiliki pekerjaan,” ujar Naa.

Dokumentasi Pekerjaan Guna Mempermudah Proses Pencairan Anggaran

Naa menambahkan setiap kelompok diminta untuk melakukan dokumentasi, yaitu sebelum melakukan pekerjaan, saat melakukan, serta setelah melakukan pekerjaan, dengan tujuan mempermudah proses pencairan anggaran.

“Kalau kurang bahan segera melapor supaya kerja cepat selesai. Setelah semua kerja (masing-masing kelompok menyelesaikan pekerjaanya) baru dana dicairkan atau secara kolektif,” ujar Naa.

Baca Juga: Hasil Drawing Futsal PON XX, TIM Futsal Papua Masuk ke Dalam Grup A

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, melalui Asisten I Setda Kota Jayapura, Nicolas Evert Merauje, mengatakan kegiatan padat karya dalam rangka menyambut PON XX 2021 Papua itu merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah dengan menyediakan lapangan kerja.

“Laksanakan kerja dengan sebaik-baiknya demi menjaga keindahan dan kebersihan. Jangan asal-asalan kerja supaya hasilnya benar-benar memuaskan supaya kota kita ini menjadi indah dan nyaman dipandang mata,” ujar Merauje.

Merauje menambahkan masing-masing kelompok pekerja tetap mengutamakan keselamatan dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19. memuaskan supaya kota kita ini menjadi indah dan nyaman dipandang mata,” ujar Merauje.

Merauje menambahkan masing-masing kelompok pekerja tetap mengutamakan keselamatan dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.