Jelang PON XX, Tim Terbang Layang Papua Mantapkan Kesiapan Tim
beritapapua.id - Atlet terbang layang Papua saat melakukan uji coba terbang jelang pertandingan PON XX Papua 2021. (dok. Humas dan PPM PB PON XX Papua)

Menjelang pertandingan PON XX yang kian deket waktu pelaksanaannya tim cabang olahraga terbang layang Papua terus mematangkan persiapan. Para atlet sudah melakukan uji coba terbang di Bandara Moses Kilangin, Timika, Kabupaten Mimika, sejak pekan lalu.

Ketua Harian Terbang Layang Papua, Paul Mnusefer mengatakan persiapan timnya saat ini sudah memasuki periode kompetisi. Meski begitu, ia mengaku agenda penerbangan di wilayah tersebut cukup padat, sehingga timnya hanya punya kesempatan berlatih di tengah hari.

“Penerbangan di bandara Mimika sangat padat, kita hanya latihan 2 jam di sore hari,” kata Paul kepada wartawan, Senin (20/9/21).

Ia juga mengatakan bahwa Tim terbang layang Papua akan menurunkan 13 atlet, masing-masing 7 atlet putra dan 6 atlet putri.

Paul mengatakan KONI Papua sejauh ini akan menarget dua medali emas dan berusaha meraihnya secara maksimal.

Optimis Rebut Medali di PON XX

Ia juga optimistis bisa merebut medali emas sebab anak asuhnya sudah pernah berlaga di PON maupun event tingkat nasional sebelumnya.

Hal bukan tanpa alasan, sebab terbang layang Papua pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 silam sukses merebut 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa melebihi dari target, meski tidak mudah karena ada beberapa lawan yang jadi pesain terberat,” ucapnya.

Baca Juga: Gubernur Lukas Enembe: PON XX, Pertaruhan Harga Diri Orang Papua

Sebelumnya, Ketua Umum terbang layang Papua, Yunus Wonda juga berharap para atletnya harus tetap konsentrasi dan fokus menatap pertandingan pertama di PON XX agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Tetap harus fokus untuk bertanding dan jangan terganggu atau kehilangan konsentrasi,” katanya.

Sementara itu, Vladimir Sefanya Mnusefer, salah satu atlet terbang layang Papua yang turun di PON kali ini menegaskan bahwa akan berusaha semaksimal mungkin untuk kembali mempersembahkan medali emas untuk Papua.

“Untuk persiapan PON XX kami sudah sangat optimis mempersembahkan medali bagi Papua. Kami tetap optimis karena dibandingkan dengan PON sebelumnya, jelang PON XX ini latihan kami lebih banyak,” kata Vladimir.

Cabang olahraga terbang layang pada PON XX akan mulai dipertandingkan pada Kamis (23/9/21) di Bandara Moses Kilangin Mimika.