Jelang PON XX, TNI AL dan IPDN Bantu Kebut Pelaksanaan Vaksinasi
beritapapua.id - Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri di Lapangan Batu Karang, PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (11/9/2021).(Dok. PEMPROV PAPUA)

Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pemerintah makin genjar menggelar vaksinasi massal, termasuk TNI-Porli.

Saat ini hasil dari vaksinasi di Kota Jayapura sudah mencapai 53 persen, dengan target hingga 70 persen saat perhelatan PON Papua nanti.

Dan untuk mendukung pemerintah mencapai hasil tersebut, TNI AL bersama IPDN melaksanakan vaksinasi di Pelabuhan Laut Jayapura dan di IPDN Kampus Papua, Senin (13/9/2021). TNI AL juga menyiagakan KRI dr. Soeharso-990 di Pelabuhan Laut Jayapura.

Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Merpaung mengatakan puas dengan adanya gebyar vaksinasi itu. Karena menurutnya gebyar vaksinasi bisa mendongkrak target 70 persen sebelum pelaksanaan PON XX berlangsung.

Pihaknya menyediakan 20 tim vaksinator atau sebanyak 120 vaksinator gabungan beberapa instansi termasuk Polri, 82 vaksinator salah satunya utusan TNI AL.

“Target kita hari ini 2.500 orang dan dalam dua minggu TNI AL menargetkan hingga 100 ribu masyarakat yang sudah vaksin nanti. Dosis vaksin sendiri ada 500 ribu,” jelas Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Merpaung.

Vaksinasi tersebut mendapat kunjungan dari Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri Dr. Hadi Prabowo dan Kadiskes TNI AL, Laksamana Pertama TNI, dr. Agus Guntoro, SpBs.

Warga Antusias Mengikuti Vaksinasi

Dalam kesempatannya, ia mengapresiasi warga Kota Jayapura yang begitu antusias mengikuti vaksinasi. Karena ia melihat cukup banyak sekali warga yang datang untuk mengikuti vaksinasi.

Sementara itu, Kadiskes TNI AL, Laksamana Pertama TNI, dr. Agus Guntoro menyebutkan bahwa kolaborasi TNI AL dan IPDN bisa terjadi karena untuk mempercepat vaksinasi.

Baca Juga: Gubernur Papua Resmikan Kantor Sekretariat Sub PB PON Kota Jayapura

“Serbuan vaksin digelar dalam rangka membantu Pemda setempat untuk mempercepat vaksinasi di wilayah venue PON, termasuk Kota Jayapura,” ujarnya.

Menurut informasi, KRI dr. Soeharso-990 tiba di Dermaga Penumpang Pelabuhan Umum Jayapura Minggu (12/09/21) malam. Kapal ini ke Jayapura dalam rangka Operasi Cenderawasih 2021 dan akan turut mensukseskan pelaksanaan gebyar vaksinasi massal Covid-19 TNI Angkatan Laut di Jayapura.

Selain itu, kedatangan kapal rumah sakit yang masuk ke dalam jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada 2 yang direncanakan akan sandar selama kurang lebih dua minggu di Pelabuhan Umum Jayapura ini.

Juga ikut andil dalam mensukseskan pelaksanaan PON XX Papua yang tinggal beberapa minggu saja.

Ini menjadi bukti keseriusan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut untuk turut mendukung serta mensukseskan perhelatan akbar tersebut.